Gempa Bumi Guncang Probolinggo, Sejumlah Rumah Warga Rusak 

Gempa Bumi Guncang Probolinggo, Sejumlah Rumah Warga Rusak 

Ilustrasi Gempa yang terjadi di Probolinggo Jawa Timur, pada Rabu, 23 November 2022.--

PROBOLINGGO, RADAR PALEMBANG - Telah terjadi gempa magnitudo berkekuatan 4,1 SR mengguncang PROBOLINGGO, Jawa Timur, pada Rabu, 23 November 2022. Guncangan gempa dirasakan oleh sejumlah warga.

Berdasarkan data dari BMKG Juanda Surabaya titik gempa berada di 14 KM timur laut Kabupaten Probolinggo dengan kedalaman 6 KM. Gempa terjadi pukul 17.45 Wib,

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo mengatakan, saat ini Personil BPBD masih berada di lokasi  yang warganya merasakan geteran gempa.

“Ini anggota BPBD langsung kita terjunkan sejak semalam ke lokasi untuk melakukan asesmen dan pendataan,” katanya, Kamis, 24 November 2022.

BACA JUGA:Tanggap Bencana, Semen Baturaja Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Akibat gempa beberapa warga di wilayah Kecamatan Kraksaan Kecamatan Pakuniran, Kecamatan Besuk, Kecamatan Kotaanyar dan Kecamatan Paiton merasakan Guncangan Gempa.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo, Ajun Komisaris Besar Polisi Teuku Arsya Khadafi mengatakan, lima rumah retak akibat gempa bermagnitudo 4,1.

Rumah itu berada di Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo. Kecamatan Kotaanyar bersebelahan dengan Kecamatan Paiton yang menjadi pusat gempa dengan kedalaman 6 kilometer.

Paiton merupakan lokasi keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

BACA JUGA:Mendikbudristek Nadiem Makarim Beri Bantuan Pendidikan Pasca Gempa Cianjur

Namun, dalam kejadian itu, pembangkit listrik Jawa-Bali itu dinyatakan aman

Sementara itu, data lima rumah retak itu diperoleh saat anggota Polres Probolinggo melaksanakan pengecekan di wilayah masing-masing.

Menurut Arsya, dari 21 kecamatan di wilayah hukum Polres Probolinggo, terdapat lima rumah di Kecamatan Kotaanyar yang terdampak gempa. Rumah itu retak pada bagian lantai dan dinding.

Kelima rumah yang retak telah ditangani pihak kepolisian bersama TNI dan BPBD Kabupaten Probolinggo.

Sumber: berbagai sumber