BMKG: Gempa Aceh Tidak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Jangan Panik

BMKG: Gempa Aceh Tidak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Jangan Panik

Ilustrasi, BMKG: Gempa Aceh Singkil Tidak Sebabkan Tsunami--radarcirebon.disway.id

ACEH SINGKIL, RADARPALEMBANG.COM - Bencana gempa bumi mengguncang kabupaten ACEH SINGKIL Provinsi Aceh pada Senin, 16 Januari 2023.

Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 magnitudo terjadi pada pukul 05:30 WIB dan pusat gempa sendiri berada pada 47 km Tenggara Kabupaten Aceh Singkil.

Selain di Kabupaten Aceh Singkil,  gempa yang sempat menimbulkan kepanikan warga ini juga dirasakan di tiga kabupaten lainya seperti, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Aceh Selatan.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa M6,2 berpusat di laut dengan kedalaman 23 km. Berdasarkan pemodelannya, gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami.  

BACA JUGA:BREAKING NEWS:Gempa Besar Kembali Guncang Aceh

Dari parameter yang ada gempa ini merupakan gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia.

Hasil monitoring BMKG Hingga pukul 06.00 WIB  belum terpantau  adanya  gempa bumi susulan yang terjadi.

Meski hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami namun BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu dikutip dari bnpb.go.id, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil melaporkan pihaknya segera menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan.

BACA JUGA:Jayapura Diguncang Gempa 5,5 Magnetudo, Warga Sempat Panik

Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.

Aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa.

 

 

Sumber: berbagai sumber