Menparekraf Puji Teh Ramah Lingkungan UMKM Binaan Kilang Pertamina Plaju Jadi Souvenir G20

Menparekraf Puji Teh Ramah Lingkungan  UMKM Binaan Kilang Pertamina Plaju Jadi Souvenir G20

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno SAAT melihat produk teh herbal dari Jamiah Rizqi Herbal, UMKM binaan CSR PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) di Palembang.--

BACA JUGA:Kolaborasi BPJS Sumbagsel Dengan Kilang Pertamina Plaju, Berdayakan Kelompok Disabilitas

Upaya pemberdayaan dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak agar terjadinya peningkatan usaha atau UMKM Naik Kelas. 

"Kami membantu lewat pengembangan produk, mulai dari desain kemasan dan perizinan hingga memberikan akses pemasaran yang lebih luas," imbuh Rachmi.

Misi Kilang Pertamina Plaju dalam membina masyarakat menghasilkan produk UMKM ramah lingkungan itu membawa pesan bahwa perusahaan patuh terhadap regulasi dan mendukung penuh agenda-agenda terkait pelestarian lingkungan, baik di dalam proses operasional dan bisnis maupun di lingkungan sekitar perusahaan.

Dalam hal produksi teh herbal, pelaku UMKM Jami’ah Rizqi Herbal memanfaatkan penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) yang juga merupakan salah satu aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

BACA JUGA:Saat Sidak SPBU, Pertamina Bicara Over Konsumi BBM Subsidi di Palembang, Pertalite 24 dan Solar 32 Persen

Pekarangan tempat ditanamnya TOGA di Plaju Ulu juga didapuk sebagai penerima tropi dan sertifikat penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama pada 2021 lalu.

Di satu sisi, pemanfaatan pekarangan ini juga membawa multiplier effect di bidang peningkatan taraf hidup masyarakat, dimana hal ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. 

Selaras Dengan SDGS & ESG

Upaya Kilang Pertamina Plaju dalam pengembangan UMKM Jamiah Rizqi Herbal ini turut berkontribusi dalam pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau SDGs (Sustainable Development Goals) tahun 2030 yaitu tujuan kesembilan yaitu membangun infrastruktur yang tahan lama, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan membantu perkembangan inovasi.

BACA JUGA:Tanam Pohon, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Komitmen Tekan Pemanasan Global

Secara lebih rinci, tujuan tersebut masuk dalam  poin ketiga yakni meningkatkan akses industri skala kecil dan usaha skala kecil lainnya, khususnya di negara-negara berkembang terhadap layanan pendanaan, termasuk kredit yang terjangkau dan digabungkan dengan value chains dan pasar.

Dengan demikian pula, Kilang Pertamina Plaju telah berhasil menjaga hubungan sosial dengan masyarakat melalui pemenuhan aspek sosial dan lingkungan sesuai kriteria ESG (Environmental, Social, & Governance) dalam menciptakan masyarakat tangguh. 

 

Sumber: