BREAKING NEWS: Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

BREAKING NEWS: Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

Foto: Prof Azyumardi Azra semasa hidup. – Foto: Twitter--

JAKARTA, RADAR PALEMBANG–  Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Cedikiawan Indonesia yang juga Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra, dikabarkan meninggal dunia di Malaysia.

Buya Prof Azyumardi Azra menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu 18 September 2022

Kabar duka disampaikan stafsus Menteri Keuangan  Yustinus Prastowo lewat akun twitternya @Prastow, Minggu, 18 September, Siang WIB.

‘’Duka cita amat dalam atas berpulangnya prof Azyumardi Azra. Beliau meninggal di Malaysia karena sakit. Semoga husnul khatimah.  Sebuah kehilangan besar bagi negeri ini.’’

Selain Prastowo, juga ada twitt dari Burhanudin  Muhtadi  lewat akunnya, @BurhanMuhtadi.

BACA JUGA:Konser Penyanyi Korea Selatan IU Trending Twitter Dihadiri Jungkook BTS

‘’Selamat jalan Prof Azyumardi Azra. Belum hilang kesedihan kita atas kehilangan Prof Buya Syafi’i Maarif kini ditambah berpulangnya buaya Azra. Semoga Husnul Khatimah.’’

Sebelumnya keterangan dari Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia  di Kuala Lumpur, Buya Azyumardi Azra  mengalami serangan jantung dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu, 17 September 2022.

“(Kena) serangan jantung,” kata Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono pada  Minggu, 18 September 2022.  

Menurutnyam Azyumardi  sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. Hermono juga menyampaikan istri dan anak Azyumardi telah tiba di Malaysia sejak Sabtu.

“Bu Azyumardi dan anaknya sudah di Kuala Lumpur. Mereka sedang berada di rumah sakit.

BACA JUGA:Tottenham Hotspur vs Leicester City, Son Heung-Min Panen Tiga Gol

Hermono juga mengatakan bahwa sejauh ini tak ada pihak lain kecuali keluarga yang menjenguk Azyumardi.  Saat menjalani perawatan intensif, pihak rumah sakit tidak membolehkan Azyumardi dijenguk.

Sebelumnya, Azyumardi mengalami gangguan kesehatan dalam kunjungan kerjanya di Malaysia, Jumat (16/9/2022). Azyumardi kemudian menjalani perawatan intensif oleh tim dokter di Rumah Sakit Serdang, Selangor.

Hermono mengatakan, tim dokter menyampaikan bahwa Azyumardi belum bisa dipindahkan ke rumah sakit lain sampai kondisinya lebih stabil.

Azyumardi melawat ke Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

BACA JUGA:Menparekraf Puji Teh Ramah Lingkungan UMKM Binaan Kilang Pertamina Plaju Jadi Souvenir G20

Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.

Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Konferensi itu akan dibuka oleh Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT) Anwar Ibrahim.

Wakil Presiden ABIM Muhammad Shazni yang menjemput Azyumardi di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) mengatakan, pada Jumat pukul 15.33 waktu setempat, setelah pesawat tiba, dia masih sempat berkomunikasi lewat WhatAapp.

Namun, Shazni tidak sempat bertemu karena Ketua Dewan Pers tersebut langsung dibawa ke rumah sakit dengan ambulans. (yui)

 

Sumber: