Mobil Terasa Lemah, Coba Cek Kerusakan Kopling

Mobil Terasa Lemah, Coba Cek Kerusakan Kopling

Kopling mobil merupakan salah satu komponen yang mempunyai fungsi penting terutama pada mobil manual.-suzuki indonesia -

1. Terlalu Sering Menekan Kopling

BACA JUGA:5 Tips Jitu Pilih Mobil Baru di Pameran Otomotif, Ikuti Panduan Berikut Ini

Kebiasaan pertama yaitu terlalu sering menginjak atau menekan kopling. Banyak pengemudi yang enggan mengangkat kaki dari pedal kopling ketika sudah tidak menggunakan kopling. Akibatnya proses aus pada komponen kopling lebih cepat terjadi dan kopling menjadi lebih cepat rusak.

Terdapat 3 waktu dimana Anda perlu menekan pedal kopling yaitu saat mengerem, memindah gigi, dan menyalakan mesin mobil. Selain waktu tersebut, sebaiknya hindari menekan pedal kopling supaya kopling lebih awet.

2. Menggunakan Kopling Mobil secara Kasar

BACA JUGA:Tips Kabin Mobil Cepat Netral di Cuaca Panas, Bikin Berkendara Lebih Nyaman

Berikutnya yaitu melepas dan menginjak pedal kopling dengan kasar. Kebiasaan seperti melepas kopling saat transmisi belum pindah atau tidak melepas pedal gas saat perpindahan transmisi bisa menimbulkan bunyi yang tidak halus dan merusak kopling.

Banyak pengemudi yang tidak sadar melakukan kebiasaan buruk ini saat berkendara. Oleh karena itu, sebaiknya lepas pedal kopling dengan memperhatikan perpindahan transmisi dengan teliti.

3. Memakai Kopling di Tanjakan

Saat Anda berkendara di area jalan yang menanjak, sebaiknya Anda tidak menggunakan kopling untuk mencegah mobil mundur. Kebiasaan ini justru akan membuat kopling menjadi lebih cepat aus.

BACA JUGA:Tips Bawa Barang di Mobil Saat Pergi Liburan Biar Gak Sumpek, Salah Satunya Manfaatkan Kompartemen

Sebaiknya, gunakan rem tangan untuk membantu menahan kendaraan supaya tidak mundur ke belakang.

4. Membawa Terlalu Banyak Beban

Setiap jenis mobil biasanya sudah dilengkapi dengan aturan batas maksimal muatan yang bisa dibawa oleh mobil. Sebaiknya Anda tidak membawa beban atau muatan di luar batas kemampuan kendaraan karena justru akan membebani sistem pengereman dan kopling. 

Kebiasaan penggunaan kopling yang buruk di atas perlu Anda hindari jika Anda ingin kopling mobil tidak mudah rusak. Selalu cek kondisi kopling kendaraan Anda. Jangan lupa untuk mengganti kampas dan minyak sesuai dengan batas waktu pemakaiannya.

Sumber: