Mobil Terasa Lemah, Coba Cek Kerusakan Kopling

Mobil Terasa Lemah, Coba Cek Kerusakan Kopling

Kopling mobil merupakan salah satu komponen yang mempunyai fungsi penting terutama pada mobil manual.-suzuki indonesia -

BACA JUGA:Berikut Tips Nyaman Berkendara Saat Cuaca Panas, Begini Caranya

1. Kabel Kopling Putus 

Kabel kopling putus sehingga kopling tidak bisa digunakan dengan maksimal. Putusnya kabel kopling bisa disebabkan karena terendam banjir atau tidak pernah dirawat dengan baik. 

Apabila Anda mengalami beberapa gejala kopling rusak, maka Anda bisa memeriksa kabel kopling. Apabila kabel putus, maka Anda perlu mengganti kabel kopling yang putus dengan yang baru.

2. Kampas Kopling Aus

Kampas kopling sudah aus sehingga tidak bisa menyalurkan tenaga dari mesin dengan maksimal. Kampas kopling sendiri memang memiliki masa pakai dan harus diganti ketika masa pakai kopling sudah habis. 

BACA JUGA:Enam Tips Penting Memilih Mobil Pertama untuk Gen Z

Biasanya kampas kopling perlu diganti setiap mobil sudah menempuh perjalanan sekitar 30 ribu km sampai 100 ribu km. Apabila Anda mendapati kampas kopling sudah aus, maka Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti kampas. Adapun biaya penggantian kampas mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

3. Minyak dan Cairan Kopling Bocor 

Minyak kopling habis atau cairan hidrolik bocor sehingga penyaluran tekanan pada pedal menjadi terganggu. Minyak kopling sendiri memang sangat diperlukan pada kopling yang memakai sistem hidrolik.

Sama seperti kampas, minyak kopling juga perlu diganti secara berkala. Minyak ini biasanya perlu diganti setiap 20 ribu km. Adapun cairan hidrolik yang bocor bisa diatasi dengan mengisi kembali cairan tersebut. 

BACA JUGA:6 Tips Praktis Rem Aman, Hindari Bahaya Kurangi Risiko Kecelakaan

Apabila Anda kesulitan untuk menemukan masalah pada kopling kendaraan Anda, maka Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat. Jangan pernah menunda perbaikan kopling karena semakin parah kerusakannya, akan semakin mahal pula biaya perbaikannya. 

Kebiasaan yang bisa Menyebabkan Kopling Mobil Cepat Rusak

Berikut ini terdapat beberapa kebiasaan buruk pengemudi yang bisa menyebabkan kopling cepat rusak:

Sumber: