Mobil Terasa Lemah, Coba Cek Kerusakan Kopling

Mobil Terasa Lemah, Coba Cek Kerusakan Kopling

Kopling mobil merupakan salah satu komponen yang mempunyai fungsi penting terutama pada mobil manual.-suzuki indonesia -

BACA JUGA:7 Tips Beli Mobil SUV, yang Terakhir Paling Penting, Kalau Gak Punya Bisa Gak Jadi Beli

Tanda selanjutnya yaitu terdengar suara yang tidak biasa seperti suara berderit atau suara aneh lainnya ketika Anda memindahkan transmisi atau ketika mengangkat pedal. 

Selain itu, apabila Anda mendengar suara bising bahkan ketika tidak menekan pedal kopling maka bisa jadi terdapat masalah serius pada bearing.

4. Muncul Bau Hangus

Tidak hanya munculnya suara aneh, apabila Anda mencium bau seperti hangus atau terbakar juga bisa menjadi tanda jika kopling kendaraan Anda bermasalah. Bau terbakar bisa muncul ketika kopling yang bermasalah bergesekan dengan gigi.

BACA JUGA:Tips Bersihkan Lampu Mika Mobil yang Kusam, Ini Cara Mudah Tanpa Ribet dan Ekonomis

5. Tidak Mau Pindah Gigi

Gejala selanjutnya yaitu kendaraan tidak mau pindah gigi dari gigi satu ke gigi tertentu, gigi tidak mau pindah sama sekali atau sering keluar gigi saat Anda berkendara.

Cara Mendeteksi Kerusakan Kopling Mobil 

Selain dengan memperhatikan beberapa gejala kopling rusak di atas, Anda juga bisa mendeteksi kerusakan pada kopling dengan cara memeriksanya. Pertama, nyalakan mobil Anda kemudian posisikan rem tangan dalam kondisi mengunci.

BACA JUGA:Simak Yuk! Tips Memilih Mobil Pertama untuk Pasangan Baru, Nomor Lima Jadi Poin Penting

Kemudian Anda bisa mencoba memasukkan gigi satu dan menekan kompresi secara perlahan. Berikutnya Anda bisa melepas, menginjak rem dan gas menggunakan kaki kanan secara bersamaan.

Terakhir Anda bisa melepaskan tekanan pada rem dan gas secara perlahan. Apabila mesin mobil masih tetap menyala, bisa jadi kampas kopling sudah menipis dan perlu diganti.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Rusak

Supaya bisa memberikan solusi yang tepat, maka Anda perlu mengetahui penyebab kopling tidak berfungsi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kopling kendaraan kamu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa penyebabnya kopling tidak berfungsi dan cara mengatasinya:

Sumber: