6 Tips Praktis Rem Aman, Hindari Bahaya Kurangi Risiko Kecelakaan

6 Tips Praktis Rem Aman, Hindari Bahaya Kurangi Risiko Kecelakaan

Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan untuk menjaga keselamatan berkendara adalah dengan memilih sepeda motor yang sesuai dengan spesifikasi dan bobot yang tepat bagi penggunanya.-suzuki indonesia -

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM – Berkendara motor kerap jadi pilihan masyarakat tanah air, karena dinilai lebih praktis, bebas macet, dan lebih irit tentunya.

Namun, perilaku pengendara motor yang terkadang tak terkendali, menyebabkan banyak terjadi kecelakaan.

Karena itu, penting bagi pengendara motor untuk mengetahui teknik berkendara yang baik, khususnya pada saat melakukan pengereman, agar terhindar dari kondisi bahaya.

Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan untuk menjaga keselamatan berkendara adalah dengan memilih sepeda motor yang sesuai dengan spesifikasi dan bobot yang tepat bagi penggunanya, misalnya motor skutik Suzuki Nex Crossover yang ringkas dan stylish untuk dipakai beraktivitas bagi kebanyakan orang.

BACA JUGA:Suzuki Fronx Gantikan Suzuki Ignis? Punya Tampilan Gagah Ala Crossover 

Selain itu, penting juga untuk menguasai teknik pengereman yang benar karena juga menjadi aspek kunci agar terhindar dari resiko kecelakaan. 

Temuan dari Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas) menunjukkan bahwa sebanyak 76% kasus kecelakaan di Indonesia melibatkan sepeda motor. 

Penyebab tertinggi kecelakaan tersebut  adalah karena kegagalan menjaga jarak aman dan kecerobohan saat berkendara, termasuk mengabaikan etika dan peraturan berkendara. Untuk mengurangi risiko kecelakaan, Suzuki memberikan beberapa tips praktis untuk pengereman yang aman:

1.  Jaga posisi motor tetap lurus saat pengereman

BACA JUGA:Suzuki Resmi Rilis Edisi Spesial Jimny Retro, Hanya Ada 900 Unit dengan Harga Rp 500 Juta

Saat berkendara, berjaga-jagalah dan atur etika postur berkendara yang benar yaitu posisi duduk yang tegak dan rileks, serta kedua tangan memegang kendali pada stang kemudi dengan siku sedikit dibengkokkan agar memiliki kontrol lebih saat mengendalikan motor. 

Saat dihadapkan dengan situasi tidak terduga dan memerlukan pengereman, jaga arah roda motor tetap berada pada keadaan lurus agar keseimbangan tetap terjaga dan memastikan traksi maksimal pada ban motor saat melakukan pengereman.

2.  Jangan panik dan terapkan teknik pengereman berkala

Saat berhadapan dengan situasi darurat, ingat bahwa pengereman harus dilakukan secara bertahap. 

Sumber: