Waspada Kebas! Lima Tanda Diabetes dari Kaki, Kenali Gejalanya

Waspada Kebas! Lima Tanda Diabetes dari Kaki, Kenali Gejalanya

Kebas atau sering didengar dengan istilah mati rasa terutama pada bagian kaki, bisa jadi tanda diabetes.--

BACA JUGA:Waspadai Komplikasi Diabetes pada Mata, Bisa Picu Kebutaan

Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi gelap dan menebal, serta terasa seperti beludru. Bercak-bercak gelap ini biasanya muncul di area lipatan tubuh, seperti leher, ketiak, selangkangan, tangan, siku, dan lutut. 

Skleredema diabetikum

Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi keras dan menebal, terutama di bagian belakang leher dan punggung atas. Kondisi ini jarang terjadi, tetapi dapat memengaruhi penderita diabetes tipe 2.  

Dermopati diabetik

BACA JUGA:WARNING! BPOM Beri Ciri-ciri Es Teh Manis yang Sebaiknya tak Dibeli, Waspadai Diabetes Tipe 2

Kondisi ini menyebabkan munculnya bercak bersisik berwarna cokelat muda pada kulit kaki. Bercak ini sering dikira sebagai flek penuaan karena tidak gatal atau sakit. 

Xanthelasma

Kondisi ini menyebabkan munculnya plak berwarna kekuningan di dekat sudut mata bagian tengah kelopak mata. Kondisi ini berkembang bila seseorang memiliki kadar lemak yang tinggi dalam darah. 

Diabetes dapat memengaruhi kulit karena kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan mengurangi produksi kolagen. Kondisi ini juga dapat mengurangi kinerja sel darah putih sehingga kulit menjadi lebih rentan mengalami infeksi

BACA JUGA:Turunkan Kadar Gula Dengan Biji Mahoni, Jadi Obat Alternatif Diabetes Tipe 2

4. Luka Sulit Sembuh 

Luka yang tidak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari 12 minggu disebut sebagai luka lama sembuh atau luka kronis. Berikut beberapa penyebab luka sulit sembuh yakni infeksi, sirkulasi darah yang buruk, kekurangan nutrisi, trauma, merokok. 

5. Munculnya Infeksi Jamur

 

Sumber: