SMKN 2 Palembang Berangkatkan Puluhan Alumni Menuju Dunia Kerja, Targetkan Serapan Capai Hingga 60 Persen

SMKN 2 Palembang Berangkatkan Puluhan Alumni Menuju Dunia Kerja, Targetkan Serapan Capai Hingga 60 Persen

Kabid SMK Disdik Pemprov Sumsel, Mondyaboni dididampingi Kepsek SMKN 2 Palembang Suparman saat kegiatan pelepasan alumni menuju dunia kerja, tadi siang.-susiyenuari/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - SKMN 2 Palembang melepaskan dan memberangkatkan puluhan siswa/alumi menuju dunia kerja di awal tahun 2024. Beberapa alumni ini akan menjalani pembekalan selama 3 bulan di Surabaya. 

Pelepasan berlangsung di aula sekolah hari ini, Selasa 30 April 2024 dihadiri Kabid SMK Dinas Pendidikan Pemprov Sumsel, Mondyaboni SE, S.Kom, M.Si.

Kepsek SMKN 2 Palembang, H Suparman S.Pd, MSi dan Kabid Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang, Agusti dan perwakilan dari perusahaan yang bekerjasama dengan pihak sekolah.

Para siswa/alumni yang lulus dan terpilih dalam perekrutman itu dihadiri oleh masing-masing orangtua/wali dan wali kelas, untuk kerjasama perusahaan diantaranya dari PT Internasional Multi Colour Printing, PT Indofood dan lainnya.   

BACA JUGA:PPDB SMKN 2024 di Sumsel Segera Dibuka dengan Empat Jalur Seleksi, Ada Tes Minat dan Bakat, Berikut Jadwalnya!

Kabid SMK Dinas Pendidikan Pemprov Sumsel, Mondyaboni SE,S.Kom, M.Si, mengatakan untuk serapan tenaga kerja lulusan SMKN di Sumsel selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya. 

Ini menjadi indikator yang baik bahwa lulusan SMKN itu mampu bersaing di dunia kerja dengan skill atau kemampuan yang didapatkan di sekolah, sesuai dengan slogan SMK yakni bisa dan hebat.

"Setiap tahun serapan tenaga kerja untuk lulusan SMK di Sumsel terus naik ya. Pada tahun kemarin kita sudah berhasil mengurangi tingkat pengangguran yang berasal dari SMK yakni 4.5 persen jauh di atas rata-rata nasional yakni di angka 1 persen. 

Dan ini akan kita terus tingkatkan kerjasama dengan industri agar nanti lebih banyak lagi anak-anak yang terserap di dunia industri,"ujar Mondy yang ditemui usai kegiatan tadi.

BACA JUGA:PPDB SMA Negeri di Palembang Sudah Dibuka Serentak, 23-30 April 2024 untuk Jalur Afirmasi dan Mutasi

Dalam kesempatan itu, Mondy juga berharap, selain serapan ke dunia industri anak-anak juga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. 

"SMK di Sumatera Selatan ini kita sudah membentuk bursa kerja khusus (bkk) di setiap sekolah bahkan tingkat propinsi yang telah dibentuk oleh Gubernur Sumsel Bapak Herman Deru. 

Dari situ, BKK bekerjasama. Jadi sekarang ini, lowongan yang ada kerjasamanya dengan satu sekolah, jika tidak terpenuhi pada sekolah itu maka bisa direkrut ke sekolah lain dari bursa kerja khusus. Jadi serapan untuk lulusan itu merata sesuai dengan jurusannya,"lanjutnya ramah.

Dalam kesempatan itu juga, Kepsek SMKN 2 Suparman berharap para siswa/alumni yang dilepaskan ke dunia kerja ini dapat membawa nama baik sekolah dan menjaganya di mana pun berada.

Sumber: