PPDB SMP Negeri Tahun Ajaran 2024/2025 di Palembang Akan Dibuka Akhir Mei, Ini Penjelasan Kadisdik

PPDB SMP Negeri Tahun Ajaran 2024/2025 di Palembang Akan Dibuka Akhir Mei, Ini Penjelasan Kadisdik

Kadisdik Palembang, Ansori, saat memberikan keterangan saat kegiatan hardiknas belum lama ini kepada media.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP Negeri tahun ajaran 2024/2025 di  Palembang baru akan dibuka pada akhir Mei mendatang.

Saat ini dinas pendidikan Palembang sedang menyusun zonasi sekolah untuk kesiapan PPDB, seperti dijelaskan Kadisdik Palembang, Ansori kepada wartawan.

"Akhir Mei di atas tanggal 20-an baru buka PPDB. Prosesnya tetap sama seperti tahun lalu karena aturannya sudah baku sesuai aturan Kemendikbud," ujar Ansori.

Ansori juga mengatakan rangkaian PPDB juga masih akan sama seperti tahun lalu yaitu jalur penerimaan siswa baru melalui jalur afirmasi, zonasi dan jalur prestasi.

BACA JUGA:Mau Daftar SMK Negeri di Sumsel? Ini Jadwal dan Tahapan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Dia memastikan semua sekolah SMP tahun ini masuk dalam PPDB, tidak ada pengecualian dan pengelompokan sekolah unggulan karena sesuai juknis dan aturan semua harus diikut sertakan.

Meski jadwal resmi PPDB tahun ini belum ada dan masih disusun, Ansori memastikan proses dan urutannya masih sama dengan tahun lalu.

"Bagi orangtua yang akan menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi sudah bisa bersiap-siap sejak jauh hari,"sambungnya.

BACA JUGA:PPDB SMA Negeri di Palembang Sudah Dibuka Serentak, 23-30 April 2024 untuk Jalur Afirmasi dan Mutasi

Sementara untuk jadwal PPDB tingkat SD akan menyusul setelah PPDB SMP dimulai atau biasanya satu pekan setelah PPDB SMP berjalan.

"PPDB SD dibuka Juni, nanti kalau ada jadwal lengkapnya kita umumkan," ujar Ansori.

Pada tahun lalu, untuk pendaftaran PPDB online berlangsung di atas tanggal 20 Juni melalui tiga jalur penerimaan yakni jalur zonasi sebesar 80 persen, afrmasi 15 persen dan mutasi (perpindahan orangtua) sebesar 5 persen.

Dan untuk PPDB saat ini yang tengah berlangsung adalah jenjang SMAN/SMKN di Sumsel, dengan pendaftaran telah dibuka pada 23 April hingga akhir Mei 2024. 

BACA JUGA:Yok Siapkan Desain Terbaikmu! Ikuti Lomba Desain Logo HUT Ke-42 LLDikti Wilayah II, Berakhir Pada 7 Mei 2024

Untuk tahap penerimaan awal dibuka untuk jalur Afirmasi dan mutasi (perpindahan tugas orang tua/wali) dengan jadwal pada 23-30 April 2024.

Setelah sebelumnya pihak sekolah telah mengelar terlebih dahulu sosialisasi PPDB tersebut dengan harapan tidak ada miss komunikasi sehingga kegiatan PPDB dapat berjalan lancar dan aman. 

Pendaftaran PPDB digelar serentak untuk seluruh SMA Negeri di Kota Palembang, dengan jadwal yang sama melalui 4 jalur masuk yakni jalur afirmasi, mutasi, zonasi dan prestasi.

Keempat jalur masuk itu dibagi berdasarkan kuota, terbesar adalah jalur zonasi sebesar 50 persen, prestasi (akademik dan non akademik) 30 persen, afirmasi 15 persen dan mutasi 5 persen.

BACA JUGA:Prodi Manajemen Informatika Raih Akreditasi Baik Sekali

Sedangkan PPDB SMKN dibagi menjadi jalur ekonomi tidak mampu, jalur domisili terdekat, jalur prestasi akademik dan atau non akademik dan jalur tes minat bakat.

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Disdik Provinsi Sumsel Mondiyaboni, S.E., S.Kom., M.Si mengatakan, jadwal pelaksanaan PPDB SMK Negeri se-sumatera Selatan sudah mulai pada 1-22 April 2024 persiapan PPDB dengan sosialisasi dan publikasi. 

Kemudian 23 sampai 29 April adalah pendaftaran mekanisme untuk jalur ekonomi tidak mampu atau disabilitas dan jalur domisili terdekat. Tanggal 30 April 2024 jadwal pengumuman validasi berkas.

 

Selanjutnya, sambung Mondiyaboni, untuk jalur prestasi akademik dan atau non akademik dimulai tanggal 2 Mei sampai 7 Mei untuk pendaftaran dan verifikasi berkas. Tanggal 8 Mei adalah pengumuman validasi berkas.

BACA JUGA:BSI Perkenalkan Pembayaran Digital Inovatif di UBD

Untuk jalur tes minat bakat tanggal 10 Mei sampai 22 Mei adalah pendaftaran dan validasi berkas.

Juga seleksi khusus bagi program keahlian yang membutuhkan seperti tes buta warna dan tes lainnya yang diperlukan. Tanggal 27 Mei sampai 28 Mei adalah cetak nomor tes minat bakat.

Tanggal 29 Mei pelaksanaan tes minat bakat oleh sekolah penyelenggara.

Tanggal 31 Mei pengumuman hasil PPDB jalur ekonomi tidak mampu atau disabilitas, jalur domisili terdekat, jalur prestasi akademik dan atau non akademik serta jalur tes minat bakat.

Tanggal 3 juni sampai 8 Juni daftar ulang kepada panitia.

 

 

 

Sumber: