SMPN 9 Palembang Mulai Verifikasi Berkas PPDB, Daya Tampung Sekolah Sebanyak 352 Siswa dengan 11 Rombel

SMPN 9 Palembang Mulai Verifikasi Berkas PPDB, Daya Tampung Sekolah Sebanyak 352 Siswa dengan 11 Rombel

SMP Negeri 9 yang terletak di Jalan Rudus Sekip Ujung Palembang--dokumen/radarpalembang.com

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - SMPN 9 Palembang akan menerima siswa sebanyak 352 orang pada tahun ajaran 2024/2025 dengan 11 rombongan belajar (rombel).

Hal ini disampaikan Plh Kepsek SMPN 9 Palembang, Rina Andriana SPd.MSi didampingi Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Tarida Nurhayati Sinaga,M.Pd ketika ditemui di ruang kerjanya, Sabtu 8 Juni 2024.

"Hari ini kita mulai melakukan verifikasi berkas PPDB bagi yang sudah mendaftar online di jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orangtua yang pendaftaran dibuka serentak mulai 7-13 Juni 2024 mendatang,"ujar Tarida. 

Untuk jalur zonasi kuota tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya, yakni 60 persen dari daya tampung sekolah. Sedangkan jalur prestasi dan perpindahan orang tua masing-masing kuotanya adalah lima persen. Jalur afrmasi dengan kuota 30 persen. 

BACA JUGA:Membludak! Pendaftar Jalur Zonasi PPDB SMP Melebihi Kuota, Capai 121 Persen di Hari Pertama

Di tahun 2024, sambung Rina, verifikasi berkas khususnya di jalur zonasi dilakukan pencocokan lebih ketat oleh tim panitia (verifikator) terhadap jarak/radius sekolah ke rumah calon siswa melalui jalur udara.

Setiap pendaftar yang diwakilkan oleh orangtua atau wali siswa dimintakan bukti pendaftaran yang telah dicetak, berkas asli yang telah diupload pada waktu mendaftar online.

Seperti Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Poto dan Surat Keterangan dari pihak sekolah.

Kemudian panitia akan mencocokan titik rumah, apakah telah sesuai atau tidak berdasarkan data KK yang diinput ulang. Jika tidak sesuai maka diminta melakukan penitikan ulang pada koordinat rumah yang sebenarnya.

 "Setelah diverifikasi, tinggal menunggu pengumuman pada 15 Juni 2024,"sambungnyai.

BACA JUGA:Daftar Ulang Jalur Afirmasi PPDB SMP dan SD di Palembang Tahun 2024 Serentak pada 6-7 Juni 2024

PPDB jenjang SMP dan SD negeri di Palembang tahun ini digelar secara serentak mulai Jumat, 7 Juni 2024.

Peminat pada jalur zonasi ini sangat membludak. Terbukti baru di hari pertama kemarin, pendaftar jalur zonasi untuk SMP mencapai 121 persen yakni 12.374 calon siswa.

Ini telah melebihi kuota yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang sebanyak 10.238.

Sumber: