Waspadai, Cek Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Picu Kanker Usus Besar di Usia Muda

Waspadai, Cek Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Picu Kanker Usus Besar di Usia Muda

Hilbram Dunar meninggal dunia akibat kanker usus besar, pada MInggu 31 Maret 2024. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Apa itu kanker usus besar? Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kanker usus besar disebabkan oleh perubahan atau mutasi gen pada jaringan usus besar.

Sering kali, kanker usus besar berawal dari tumor jinak yang disebut polip.

Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan mutasi gen hingga kemudian memicu munculnya tumor.

Meski penyebabnya belum diketahui, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.  Umumnya, faktor-faktor risiko tersebut berupa gaya hidup tidak sehat yang dijalani sehari-hari.

BACA JUGA:Bahaya! 5 Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Beresiko Menyebabkan Kanker

Seperti yang dialami presenter Hilbram Dunar. Almarhum meninggal dunia akibat kanker usus besar di usia 48 tahun pada Minggu 31 Maret 2024.

Berita duka itu pertama kali diunggah oleh putrinya, Virpia Dunar, pada unggahan Instagram Stories miliknya.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu. Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Hilbram Dunar suami dari Denny Lusiana Agustin. 

Ayah dari Ranu Ragusti Dunar dan Virpia Puteri Dunar," tulis Virpia Dunar .

BACA JUGA:7 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan, Turunkan Risiko Kanker, Simak Yuk Manfaat Lainnya di Sini!

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab utama pasien kena kanker di usia relatif lebih muda?

Spesialis penyakit dalam dan konsultan hematologi onkologi medik, dr Faizal Drissa Hasibuan SpPD, KHOM menegaskan hal tersebut terjadi karena pola hidup yang kurang sehat.

"Sekarang kecenderungan usia kurang 50 tahun semakin banyak kasus kanker usus besar berkenaan dengan pola hidup yang kurang sehat," kata dr Faizal.

Faktor risiko yang dapat menjadi pemicu kanker usus besar adalah karena beberapa kebiasaan pola hidup yang tidak baik. Hal ini seringnya diabaikan hingga pada akhirnya terlambat ditangani.

Sumber: