Dosen UBD Lakukan Edukasi Pengelolaan Keuangan Agar UMKM Naik Kelas

Dosen UBD Lakukan Edukasi Pengelolaan Keuangan Agar UMKM Naik Kelas

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Nasional semakin gencar dilakukan. Salah satunya Dosen Prodi Akuntansi Universitas Bina Darma, Dr. Dewi Sartika, memberikan pengarahan berupa edukasi tentang pengelolaan keuangan kepada mahasiswa UMKM binaan U-dok ubd-

BACA JUGA:Dosen UBD Lulus dengan Predikat Cumlaude di Sekolah Pascasarjana Undip

Tingginya pertumbuhan pembiayaan pinjaman online saat ini menunjukkan adanya fungsi intermediasi yang berjalan dan tingginya kebutuhan pelaku UMKM akan akses keuangan yang lebih mudah serta cepat dibandingkan melalui perbankan atau perusahaan pembiayaan. 

Sejalan dengan pertumbuhan pembiayaan online yang di sediakan oleh platform-platform fintech peer to peer lending dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maka ini juga menjadi alternatif pembiayaan selain dari pembiayaan perbankan untuk para startup muda dalam memulai usaha baru maupun untuk pengembangan usaha bagi mahasiswa pelaku UMKM dibawah binaan UIN Raden Intan Lampung.

Sebagai agenda keberlanjutan, pelaku UMKM akan diajarkan cara menganalisis kelayakan usaha dengan mengikuti pelatihan seputar dunia usaha, termasuk cara mengakses pembiayaan online yang legal. 

Platform digital ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan UMKM dalam mengakses modal dan meningkatkan pengembangan usaha. 

BACA JUGA:UBD Gelar Webinar Nasional Series 2024-02

Outcome dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan pemasaran bagi UMKM serta memperkuat pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang baik dan disiplin. 

Dengan demikian, diharapkan UMKM binaan UIN Raden Intan Lampung dapat terus berkembang dan berhasil dalam usahanya.

Kegiatan akan terus berjalan dan dilaksanakan oleh dosen-dosen Universitas Bina Darma dengan terus optimis dalam mewujudkan Visi dan Misi UBD UNGGUL 2025.

Sumber: