Dosen UBD Lakukan Edukasi Pengelolaan Keuangan Agar UMKM Naik Kelas

Dosen UBD Lakukan Edukasi Pengelolaan Keuangan Agar UMKM Naik Kelas

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Nasional semakin gencar dilakukan. Salah satunya Dosen Prodi Akuntansi Universitas Bina Darma, Dr. Dewi Sartika, memberikan pengarahan berupa edukasi tentang pengelolaan keuangan kepada mahasiswa UMKM binaan U-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Nasional semakin gencar dilakukan. 

Salah satunya Dosen Prodi Akuntansi Universitas Bina Darma, Dr. Dewi Sartika, memberikan pengarahan berupa edukasi tentang pengelolaan keuangan kepada mahasiswa UMKM binaan UIN Raden Intan Lampung. 

Kegiatan ini, dibuka oleh Ketua LP2M, Prof. Dr. H. A Kumedi Ja’Far, serta dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan Bisnis UIN Raden Intan Lampung, Dr. E. Evi Ekawati.

Kegiatan ini menyoroti pentingnya disiplin dalam pencatatan keuangan, pemisahan keuangan pribadi dan usaha, perencanaan utang, dan penetapan target bagi pelaku UMKM.

BACA JUGA:Lima Mata Kuliah di UBD Terpilih Dalam Seleksi Praktisi Mengajar 4

Dalam kegiatan tersebut, peserta juga mendapatkan bingkisan berupa buku karya Dr. Dewi Sartika yang membahas alternatif pembiayaan untuk UMKM melalui Fintech Peer to Peer Lending. 

Hal ini sejalan dengan kebutuhan akan akses pembiayaan yang mudah bagi UMKM, terutama dengan pertumbuhan pembiayaan pinjaman online yang tinggi saat ini. 

Selain itu, sosialisasi ini bertujuan untuk mempermudah akses permodalan bagi UMKM dan mengakselerasi kegiatan usaha mereka.

“Tentunya outcome dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan pemasaran bagi UMKM serta memperkuat pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang baik dan disiplin,” ujar Dr Dewi Sartika.

BACA JUGA:Jempol! Tiga Dosen UBD Terpilih Kembali sebagai Reviewer Praktisi Mengajar Kemenristekdikti

Lebih lanjut, PKM ini juga bertujuan untuk mendekatkan lembaga pendidikan dengan masyarakat, mempercepat gerak ekonomi masyarakat, dan mempersiapkan kader-kader pelaku pembangunan ekonomi yang berkualitas. 

Para pelaku UMKM diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi keuangan digital.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM sangatlah diperlukan dalam rangka menciptakan UMKM yang mandiri, maju dan naik kelas,” katanya.

Sebagai tindak lanjut, masih kata dia, untuk mencapai hal tersebut dilaksanakan sosialisasi permodalan bagi UMKM oleh salah satu Dosen dari Program Studi Akuntansi Universitas Bina Darma pada Kamis, 6 Maret 2024 di Gedung Reasearch Center UIN Raden Intan Lampung. 

Sumber: