Wow, Desa Janti Berdaya secara Ekonomi, Inovasi serta Dukungan BRImo dan AgenBRILink Jadi Kunci

Wow, Desa Janti Berdaya secara Ekonomi, Inovasi serta Dukungan BRImo dan AgenBRILink Jadi Kunci

Salah satu objek wisata Janti Park. Berada di area seluas 3 hektare, Janti Park memiliki wahana permainan yang lengkap. Salah satu yang unik adalah Kolam Mandi Salju.-dok bri-

BACA JUGA:Inovasi Desa Sondregeasi Kabupaten Nias Selatan Dorong Perekonomian Masyarakat Lewat Agen BRILink

Sebab, dalam implementasinya, pihak yang menjadi AgenBRILink akan mendapatkan komisi dari transaksi yang dilakukan. Di Desa Janti, AgenBRILink menjadi salah satu unit usaha yang dikelola BUMDes Janti Jaya.

“Nilai transaksi AgenBRILink mencapai Rp 20 juta per bulan dengan jumlah transaksi sekitar 200 transaksi per bulan. Transaksi paling banyak datang dari pembayaran tagihan dan pembayaran nontunai,” terang Danang.

BRI juga menyediakan layanan BRI Merchant yang memudahkan pelaku usaha di desa dalam mendapatkan alat pembayaran nontunai, seperti mesin EDC dan logo QRIS. Danang mengatakan, QRIS saat ini sudah teraplikasikan di banyak pelaku usaha di Desa Janti, termasuk Janti Park.

Pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan karena kemudahan transaksi, terhindar dari risiko menerima uang palsu, dan tidak repot menyediakan uang kembalian.

BACA JUGA:Gandeng Agen BRILink, Desa Mlowokarangtalun Dorong Digitalisasi dan Ekonomi Inklusif

“Nilai transaksi dari QRIS kurang lebih Rp 50 juta per bulan. Angka ini berasal dari pembelian warga dan pengunjung,” sebutnya.

Dengan kehadiran BRI, Desa Janti juga mendapatkan manfaat lain, yaitu membuka akses pasar bagi desa dan BUMDes.

Dengan mengikuti program Desa BRILiaN, Desa Janti dapat dikenal di kalangan nasional sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan dan pelanggan.

Desa mana pun di Indonesia juga bisa mengikuti jejak desa-desa yang menjadi peserta Program Desa BRILiaN. Raih kesempatan jadi Desa BRILiaN tahun berikutnya dengan mengunjungi atau menghubungi Kantor BRI Unit dan Mantri BRI Unit terdekat yang akan membantu pendaftaran.

Yuk, jadikan desamu sebagai Desa BRILiaN berikutnya. (*)

Sumber: