Catat Tanggal Perayaan Cap Go Meh Tahun 2024, Pulau Kemarau jadi Pusat Wisata di Palembang

Catat Tanggal Perayaan Cap Go Meh Tahun 2024, Pulau Kemarau jadi Pusat Wisata di Palembang

Salah satu angkutan perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemarau Palembang dengan menumpang perahu secara gratis yang disiapkan oleh panitia.-swandra/radarpalembang.com-

Ada banyak acara yang disiapkan panitia Cap Go Meh di Pulau Kemarau. Mulai dari ibadah sembahyang dewa-dewi, festival lampion, barongsai, hingga festival jajanan.

Kemeriahan pun kerap terlihat karena yang hadir di sini bukan hanya masyarakat Tionghoa, banyak juga dari warga Kota Palembang datang untuk hanya sekadar melihat dan belanja.

BACA JUGA:2 Jadwal Sembahyang Setelah Tahun Baru Imlek 2024, Cap Go Meh Tidak Kalah Meriah, Catat Tanggal dan Harinya

Sejarah perayaan Cap Go Mee ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu Cap Go Meh menurut penanggalan China dirayakan pada hari ke 15 atau awal bulan purnama pertama yang muncul di tahun itu

Secara harfiah Cap Go Meh dialek Hokkian terdiri dari dua suku kata yaitu cap go arti lima belas dan meh adalah malam, dengan demikian Cap Go Meh diartikan sebagai malam ke lima belas.

Yang menarik dan unik, justru perayaan Cap Go Meh di Palembang perayaannya justru dirayakan di malam ke -13 dan perayaannnya biasa dipusatkan di Pulau Kemarau.

BACA JUGA:Jadwal Sembahyang Tionghoa 2024, Ini yang Diperbolehkan dan Pantangan Sembahyang Dewa Dapur

Setelah merayakan tahun baru Imlek 2024 atau tahun Naga Kayu 2575 pada Sabtu tanggal 10 Februari 2024, masyarakat Tionghoa akan melaksanakan sembahyang Dewa Dewi.

1. Sembahyang King Thi Gong (敬天公; Jing Tian Gong), atau Sembahyang Tuhan / Kaisar Langit Yu Huang Shang Di (玉皇上帝) : Tanggal 9 bulan 1 Imlek (Minggu, 18 Februari 2024).

BACA JUGA:Shio yang Kena Ciong di Tahun 2024, Simak Jadwal Sembahyang Ciong dan Manfaatnya

Sembahyang King Thi Gong (Hanzi : 敬天公; Jing Tian Gong), atau Sembahyang Tuhan / Kaisar Langit Yu Huang Shang Di (玉皇上帝), atau “sembahyang Tebu”, dilaksanakan pada tanggal 09 bulan 1 Imlek.

2. Sembahyang hari kebesaran Dewa Fu Tek Zheng Shen (Hok Tek Ceng Sin; 福德正神) : Tanggal 02 bulan 02 Imlek (Senin, 11 Maret 2024). Tanggal ini bertepatan dengan hari libur Nyepi).

Fu De Zheng Shen (Hanzi : 福德正神; Hokkian : Hok Tek Cin Sin) adalah Dewa kemakmuran yang mengatur rezeki manusia. Beliau merupakan salah satu Dewa dalam Taoisme yang sering dianggap sama, atau merupakan “nama resmi” dari Dewa Bumi atau Tu Di Gong (土地公). Hari kebesaran Fu De Zheng Shen diperingati setiap tanggal 2 bulan 2 Imlek.

BACA JUGA:Cap Go Mee Pulau Kemaro, Suhu Alam, Ini Salah Satu Objek Wisata di Sumsel

3. Sembahyang hari kebesaran Dewa Xuan Tian Shang Di (Hian Tian Siang Tee; 玄天上帝) : Tanggal 3 Bulan 3 Imlek (Kamis, 11 April 2024). Tanggal ini bertepatan dengan hari libur Idul Fitri).

Sumber: