Jakarta Resmi Luncurkan Bus Sekolah Khusus Disabilitas, Begini Sistem Operasionalnya

Jakarta Resmi Luncurkan Bus Sekolah Khusus Disabilitas, Begini Sistem Operasionalnya

Jakarta Resmi Luncurkan Bus Sekolah Khusus Disabilita--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Inilah sistem pengoprasian bus sekolah khusus disabilitas yang baru saja diluncurkan oleh Dinas perhubungan DKI Jakarta

Bus Sekolah yang dikhususkan untuk para siswa penyandang disabilitas telah resmi diluncurkan oleh dinas perhubungan DKI Jakarta.

Dimana terdapat sebanyak 5 bus sekolah dengan beragam fasilitas, serta kapasitas dari bus ini sendiri dapat menampung 7 orang penumpang dengan kursi roda, 10 tempat duduk, dan 19 orang penumpang untuk berdiri.

Bus ini sendiri dibuat dan diluncurkan oleh pemerintah untuk mendukung dan meningkatkan semangat bagi para siswa penyandang disabilitas untuk menuntut ilmu.

Tak hanya tempat duduk bagi para siswa yang berkursi roda saja, bus sekolah ini juga menyediakan fasilitas lainnya seperti CCTV dan lantai bus yang dibuat dari bahan tekstil agar dapat menjadi panduan berjalan bagi para siswa penyandang disabilitas tunanetra.

BACA JUGA:Universitas Bina Darma dan Universitas Janabadra Lakukan Penelitian dan Pertukaran Dosen

Kemudian untuk teknologinya sendiri pemerindah DKI Jakarta sudah menyiapkan hidrolik agar kursi roda milik para siswa tidak perlu untuk didorong, cukup ditempatkan pada platform dan akan di lifting atau diangkat ke dalam bus dan masuk dengan sendirinya, begitu juga ketika hendak keluar.

Untuk sistem operasionalnya sendiri, bus ini melayani 5 rute  yaitu Rorotan-Marunda, dimana rute ini akan melewati Sekolah Luar Biasa atau SLB Negeri 8.

Kemudian rute Plumpang-Kemayoran yang akan melewati Sekolah Luar Biasa atau SLB Negeri 9. Rute YPAC Kebayoran Baru yang terdiri dari 3 rute yaitu meliputi Kalideres, Lubang Buaya, dan Muara Baru.

5 rute tersebut dipilih oleh pemrindah DKI Jakarta berdasarkan lokasi SLB dan juga dilihat dari banyaknya siswa penyandang disabilitas yang membutuhkan akomodasi.

Kebutuhan dari Dinas Perhubungan sendiri seharusnya terdapat 80 unit, namun pada peluncurannya tanggal 17 Januari 2024 baru tersedia 5 unit bus sekolah. 

BACA JUGA: Reuni Akbar Lintas Angkatan FH UMP, Ajang Silaturahmi Ribuan Angkatan Se-Indonesia dengan Beragam Profesi

Gubernur DKI Jakarta mengatakan jika Jumlah unit bus sekolah tersebut akan terus bertambah secara bertahap dan fasilitas dari bus tersebut juga akan terus ditingkatkan.

Pemenuhan kebutuhan trasportasi seperti ini dilakukan oleh pemerintah DKI sekaligus berguna untuk mengajak atau menghimbau para orang tua yang memiliki anak dengan penyandang disabilitas untuk bersekolah.

Sumber: