Tak Hanya Orang Tua, Demensia Bisa Serang Usia Muda, Waspada Sejak Dini, Berikut Faktor Penyebabnya

Tak Hanya Orang Tua, Demensia Bisa Serang Usia Muda, Waspada Sejak Dini, Berikut Faktor Penyebabnya

Faktor penyebab demensia dapat terjadi pada usia muda--

6. Ketidakseimbangan hormonal

Penyebab yang terakhir ialah Perubahan hormonal atau Ketidakseimbangan hormonal yang akan mempengaruhi kesehatan otak. 

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan Anak, Jangan Anggap Remeh Jadi Penyebab Kanker Otak

Demensia yang terjadi pada wanita biasanya diakibatkan oleh keadannya yang sudah menopause atau turunya kadar estrogen yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak, termasuk dalam proses pembentukan dan pemeliharaan hubungan antar sel saraf serta perlindungan sel-sel otak.

Kemudian juga ketika Kondisi hormonal yang mempengaruhi keseimbangan hormon tiroid, baik hipotiroidisme (kadar hormon tiroid rendah) atau hipertiroidisme (kadar hormon tiroid tinggi) akan berdampak pada fungsi kognitif. 

Dimana Hipotiroidisme ini akan menyebabkan seorang perempuan merasa kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan bermasalah pada memori ingatannya.

Tak hanya itu demensia dapat terjadi apabila Kortisol atau hormon stres  tinggi yang akan merusak area otak yang penting untuk memori dan fungsi kognitif lainnya.

Sedangkan pada Pria penurunan kadar testosteron seiring penuaan  juga menyebabkan penurunan fungsi kognitif, meskipun dampaknya tidak sebesar penurunan estrogen pada wanita.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Kerusakan Pembuluh Darah Dapat Memicu Penyakit Jantung dan Stroke, Ini Penyebabnya

Itulah 6 faktor yang dapat menyebabnya demensia dini terjadi pada generasi muda. Mulai dari genetik, gaya hidup hingga sistem hormonal yang tidak seimbang.

 

 

 

 

Sumber: