Tak Hanya Orang Tua, Demensia Bisa Serang Usia Muda, Waspada Sejak Dini, Berikut Faktor Penyebabnya

Tak Hanya Orang Tua, Demensia Bisa Serang Usia Muda, Waspada Sejak Dini, Berikut Faktor Penyebabnya

Faktor penyebab demensia dapat terjadi pada usia muda--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut ini faktor penyebab demensia atau pelupa yang ternyata bukan hanya terjadi pada orang tua tapi juga dapat terjadi pada usia muda.

Demensia dini merupajan suatu kondisi neurodegeneratif yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif dan daya ingat pada usia relatif muda, biasanya sebelum usia 65 tahun. 

Gejala demensia dini akan membuat penurunan kemampuan kognitif seperti memori, pemecahan masalah, dan keterampilan berbicara, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan hubungan sosial. 

Pelupa atau demensia dini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, berikut 6 faktor penyebab umum pelupa atau demensia dini, yaitu :

BACA JUGA:Waspada! Pikun di Usia Muda, Dapat Mengganggu Produktivitas Kerja, Cek Penyebabnya di Sini

1. Faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu penyebab utama seseorang dapat mengalami demensia, terutama pada jenis-jenis demensia tertentu seperti Alzheimer. 

Alzheimer merupakan gen Apolipoprotein E (ApoE), gen ini memiliki 3 varian utama yaitu ApoE ε2, ApoE ε3, dan ApoE ε4. 

Orang yang mewarisi satu atau dua salinan gen ApoE ε4 memiliki risiko lebih tinggi terkena Alzheimer dibandingkan dengan mereka yang memiliki varian gen yang lain.

Beberapa gen yang terlibat dalam pembentukan dan penghilangan plak beta-amiloid, yang merupakan ciri khas Alzheimer, dapat memainkan peran dalam meningkatkan risiko.

Selain plak beta-amiloid, kerusakan pada protein tau juga terkait dengan Alzheimer. Faktor genetik dapat memengaruhi cara tubuh menghasilkan dan mengelola protein tau tersebut.

BACA JUGA:Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Dipercaya Tidak Mudah Pikun, Ingatan Jadi Lebih Tajam

2. Kesehatan jantung

Gangguan kesehatan jantung seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung koroner dapat meningkatkan risiko demensia. 

Sumber: