Sempat Jadi Negara Termiskin di Asia, Ini Cara Korea Selatan Bangkit dan Jadi Negara Maju

Sempat Jadi Negara Termiskin di Asia, Ini Cara Korea Selatan Bangkit dan Jadi Negara Maju

Ada 4 cara yang dilakukan Korea Selatan untuk dapat dapat bangkit dari negara termiskin di Asia menjadi negara maju seperti saat sekarang--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Ada 4 cara yang dilakukan Korea Selatan untuk dapat dapat bangkit dari negara termiskin di Asia menjadi negara maju seperti saat sekarang.

Jika membayangkan Korea Selatan, maka yang pertama kali terlintas adalah mengenai kebudayaan K-Pop, Drama Korea, merek gadget yang sering digunakan seperti Samsung, kosmetik dan skincare, hingga makanannya yang sudah sangat populer terutama di Indonesia.

Korea Selatan saat ini di kenal sebagai negara yang sangat maju, kaya akan inovasi, teknologi, dan juga industri kreatifnya.  

Siapa sangka dulunya Korea yang merdeka dari pendudukan Jepang pada tahun 1945 merupakan negara yang tergolong sebagai negara termiskin di Asia pada saat dulunya.

Apalagi beberapa tahun setelah merdeka, Korea terlibat perang saudara yang membuat negaranya terpecah menjadi 2, dimana terdapat Korea Utara dan Korea Selatan yang dipisahkan oleh 2 ideologi politik & ekonomi yang sangat berbeda.

Sebuah bangsa yang selama ribuan tahun hidup bersama, etnis yang sama, bahasa sama, budaya dan cara hidup juga sama, akhirnya  terpecah 2 karena ideologi politik & ekonomi yang sampai membuat kondisi ke-2  negara ini menjadi sangat berbeda setelah puluhan tahun. 

BACA JUGA:BRICS Aliansi Kekuatan Ekonomi 5 Negara Berkembang, Dapat Saingi Uni Eropa, Adakah Indonesia di Dalamnya?

Pada saat setelah merdeka, Korea menghadapi sangat banyak cobaan terutama ketika terjadinya  perang saudara yang membuat bangsa Korea terpecah menjadi 2 negara yaitu Korea Utara dan Korea Selatan pada tahun 1950-1953. 

Korea Utara akhirnya dipimpin oleh keluarga Kim yang menerapkan ideologi komunis dan didukung oleh sesama negara komunis lain di blok timur seperti China dan Uni Soviet. 

Sementara itu Korea Selatan yang dipimpin oleh Syngman didukung oleh blok barat seperti  Amerika, Inggris, dan negara lainnya.

Dari sisi ekonomi sendiri pada saat era moderen seperti saat sekarang pertumbuhan GDP Korea Selatan sudah jauh melampaui Korea Utara.

Kemudian dari sisi budaya dan gaya hidup Korea Selatan juga lebih moderen dari pada masyarakat Korea Utara yang masih sangat kental dengan corak tradisionalnya. 

Dan jika dilihat dari foto satelit dari kedua negara tersebut maka kehidupan ke-2 negara yang serumpun ini sangat kontras apalagi pada malam hari.

Pada Korea Utara area yang terlihat dari satelit hanya Pyongyang atau ibukota negara Korea Utara saja, sedangkan Korea Selatan semua daerah atau area negaranya terlihat terang sangat jelas pada malam hari.

Sumber: