BRICS Aliansi Kekuatan Ekonomi 5 Negara Berkembang, Dapat Saingi Uni Eropa, Adakah Indonesia di Dalamnya?

BRICS Aliansi Kekuatan Ekonomi 5 Negara Berkembang, Dapat Saingi Uni Eropa, Adakah Indonesia di Dalamnya?

BRICS yang merupakan Aliansi dagang dari 5 negara berkembang yang dapat menyaingi Uni Eropa dan juga Amerika--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - BRICS yang merupakan Aliansi dagang dari 5 negara berkembang yang dapat menyaingi Uni Eropa dan juga Amerika.

Saat ini terdapat Aliansi kekuatan ekonomi beberapa negara besar yang memiliki potensi sangat besar untuk mempersatukan hubungan dagang di banyak negara berkembang.

Aliansi ini diyakinin dapat menyaingi kekuatan ekonomi negara Amerika dan juga Eropa yang selama 200 tahun terakhir menjadi poros kemajuan ekonomi dunia.

Aliansi dagang beberapa negara ini disebut dengan nama BRICS yang merupakan akronim dari 5 negara pertumbuhan ekonomi tinggi yaitu Brazil, Rusia,, India Cina dan South Afrika atau Afrika Selatan.

 5 negara ini menjadi poros baru kekuatan ekonomi yang tidak dapat diremehkan, mulai dari luas wilayah negara yang sangat besar, jumlah penduduk yang sangat banyak dan juga kekayaan alam yang melimpah dari kelima negara ini.

3 dari 5 negara anggota BRICS  merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, dimana dengan gabungan populasi penduduk mencapai 3,24 miliar orang atau setara dengan 42 persen populasi dunia saat ini.

BACA JUGA:BSI Dukung Pengembangan Usaha Mikro, Siap Salurkan 16 Triliun KUR Syariah di 2024

Kemudian  dari sisi ekonomi gabungan PDB negara anggota BRICS mencapai 31,5 persen ekonomi dunia. Angka tersebut akan terus lebih tinggi jika dibandingkan dengan gabungan PDB negara G7 yang ada di angka 30 persen.

Diperkirakan pada tahun 2030 PDB negara BRICS akan dapat mencapai 50 persen PDB dunia.

Kemudian dari jaringan perdagangan, gabungan negara BRICS mencapai 18 persen dari Nilai perdagangan dunia dan 25 persen dari total nilai investasi asing yang ada di dunia.

Ditambah lagi mayoritas anggota BRICS tersebut adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan gabungan seluruh kekuatan tersebut, negara anggota BRICS menjadi kekuatan ekonomi yang tidak bisa diremehkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara anggota BRICS  terlihat semakin akrab satu sama lain. Bahkan mereka juga membuka pendaftaran beberapa negara baru yang ingin bergabung dengan aliansi dagang tersebut.

BACA JUGA:Pertemuan Bilateral Presiden Jokowi dan Marcos Junior, Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Filipina

Sumber: