Kemiri Sering Digunakan Dalam Pengobatan Tradisional, Ternyata Ampuh Mengatasi Penyakit Jantung Hingga Diabete

Kemiri Sering Digunakan Dalam Pengobatan Tradisional, Ternyata Ampuh Mengatasi Penyakit Jantung Hingga Diabete

Manfaat Kemiri untuk kesehatan tubuh yang dipercaya ampuh mengatasi mengatasi penyakit jantung hingga diabetes--

Oleh karena itu, asam lemak yang terkandung dalam kemiri dapat menjadi sumber energi yang efisien untuk tubuh.

Lemak memiliki keunggulan dalam memberikan energi yang tahan lama, ketika tubuh membutuhkan energi, lemak disimpan dalam sel-sel lemak dan dapat diakses sebagai cadangan energi saat dibutuhkan, terutama selama periode puasa atau aktivitas fisik yang intens.

2. Antiinflamasi

Sifat antiinflamasi pada ekstrak kemiri dapat mengurangi atau menghambat peradangan dalam tubuh. 

Peradangan sendiri merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi, iritasi, atau cedera, yang melibatkan pelepasan mediator inflamasi seperti prostaglandin dan sitokin. 

Meskipun peradangan merupakan mekanisme penting untuk melindungi tubuh, peradangan kronis dapat menjadi masalah dan dikaitkan dengan berbagai kondisi penyakit, seperti arthritis, penyakit jantung, dan diabetes.

BACA JUGA:10 Rempah Ini Bantu Kurangi Lemak Perut, Semua Gampang Dicari

Kemiri mengandung tokoferol atau vitamin E yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, dimana Vitamin E ini dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan meredakan peradangan.

Meskipun dalam jumlah kecil, kemiri juga dapat mengandung asam lemak omega-3 yang dapat memiliki efek antiinflamasi.

3. Sumber Antioksidan

Kemiri mengandung senyawa antioksidan seperti tokoferol (vitamin E) dan flavonoid  yang dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Vitamin E pada Kemiri mengandung tokoferol yaitu antioksidan yang terkenal karena melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dimana vitamin E ini juga memiliki fungsi menangkap radikal bebas dan menghentikan reaksi berantai yang merusak sel.

Flavonoid pada kemiri merupaka kelompok senyawa yang memiliki sifat antioksidan, dimana  flavonoid ini akan menghambat aktivitas enzim yang memproduksi radikal bebas dan memberikan perlindungan tambahan terhadap stres oksidatif.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Rempah, dengan Racikan Khusus Sangat Berguna untuk Vitalitas Pria

Dimana perlindungan oksidatif ini akan memberikan kesehatan sel dan jaringan, serta mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan stres oksidatif, seperti penyakit jantung dan kanker.

Sumber: