5 Cara Mengenal Target Pasar untuk Berbisnis di Tahun 2024

5 Cara Mengenal Target Pasar untuk Berbisnis di Tahun 2024

Ilustrasi --

Cara ini bisa dilakukan untuk mengecek hipotesis yang sebelumnya sudah dibuat.

Produk dengan fitur-fitur yang hampir mirip biasanya memiliki target market yang tak jauh berbeda.

Sehingga, Anda bisa lebih mudah menentukan kelompok yang sesuai sebagai target market produk bisnis yang akan ditawarkan.

Sebagai contoh, Anda ingin memasarkan produk sosis siap makan. Maka, Anda bisa mencari kompetitor yang juga menjual produk yang sama.

Kemudian, perhatikan konsumen produk kompetitor tersebut dengan seksama. 

BACA JUGA:Pusri Raih Penghargaan Pembayaran Tertinggi Wajib Pajak Kota Palembang Tahun 2023

3. Riset dengan Bantuan Aplikasi atau Analytic Tool

Langkah lainnya yang juga bisa membantu mencari tahu target market dengan lebih simpel adalah dengan menggunakan alat bantu.

Ada banyak sekali alat bantu untuk melakukan riset target market, salah satunya dengan marketing tool, baik yang berbayar maupun versi gratis.

Setiap marketing tool sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk memudahkan para penggunanya melakukan analisa target market.

Agar kegiatan analisis pasar menjadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan tools dengan fitur yang paling sesuai.

Rekomendasi tools yang cocok untuk menganalisis target market yakni Sociabuzz, Hootsuite, Brand24, Audiense dan banyak lagi.

Dengan tools tersebut, kegiatan analitik target pasar bisa lebih mudah dan hasilnya cukup akurat. Penggunaan beberapa tools tersebut juga berguna untuk menguji asumsi atau hipotesis terkait konsumen yang sudah dibuat sebelumnya.

Melalui proses analitik yang dilakukan dengan tools tersebut, kegiatan menentukan target konsumen bisa lebih cepat dan mudah.

BACA JUGA:Ditjen Pajak Mudahkan Penghitungan PPh Pasal 21, Berlaku Januari 2024, Begini Cara Hitungnya

Sumber: