5 Cara Mengenal Target Pasar untuk Berbisnis di Tahun 2024

5 Cara Mengenal Target Pasar untuk Berbisnis di Tahun 2024

Ilustrasi --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Salah satu faktor penting dalam berbisnis adalah mengenal siapa target market atau pasar bisnisnya.

Target pasar sendiri merupakan kelompok konsumen tertentu yang jadi sasaran pendekatan bisnis agar tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Dengan mengetahui target pasar bisnis, pelaku usaha akan menjadi lebih mudah dalam mengetahui segmen pasar yang dituju secara spesifik.

Sehingga, mereka bisa menentukan produk dan harga yang sesuai untuk segmen pasar tersebut. Lantas bagaimana caranya menentukan audiens atau konsumen yang cocok menjadi target pasar bisnis?

BACA JUGA:Usaha Spa Kucing, Ide Bisnis Unik Bagi Penyuka Binatang, Dijamin Hasilkan Cuan Melimpah

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara untuk mengenal target pasar untuk berbisnis:

1. Mulai dengan Asumsi

Ketika ingin menjual atau memasarkan suatu produk, pastinya sebagai penjual Anda sudah mengetahui setiap fitur yang ada atau dimiliki produk ditawarkan, bukan?

Nantinya, fitur-fitur produk inilah yang akan menjawab berbagai kebutuhan atau keinginan yang konsumen harapkan.

Anda bisa mulai dengan berasumsi dan juga memikirkan tentang konsumen seperti apa yang cocok atau sesuai dengan fitur-fitur dari produk tersebut.

Dari kesimpulan yang didapat, kemudian bisa ditarik hipotesis untuk diuji keakuratannya. Apakah asumsi terkait target market tersebut sesuai dengan riset yang sudah dibuat.

BACA JUGA:4 Pengusaha di Sumsel Bicara Prediksi Ekonomi di Tahun Naga 2024, Mengejutkan, Semua Kompak Bilang Hal Ini

2. Lakukan Identifikasi Kompetitor

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menentukan target market yang tepat yakni dengan melakukan identifikasi kompetitor.

Sumber: