5 Cara Mengenal Target Pasar untuk Berbisnis di Tahun 2024

5 Cara Mengenal Target Pasar untuk Berbisnis di Tahun 2024

Ilustrasi --

4. Membuat Persona Buyer, User, hingga Audience

Dengan berbagai cara yang sebelumnya dibuat, langkah selanjutnya adalah merumuskan siapa yang cocok jadi target konsumen produk yang ditawarkan.

Caranya dengan merumuskan personal. Ini merupakan gambaran tentang sosok yang akan jadi konsumen bisnis Anda.

Nantinya, persona tersebut yang akan memberi penjelasan mengenai jati diri calon konsumen. Mulai dari pekerjaan, gaji, kesukaan (interest), kebiasaan konsumen (behaviour) dan sebagainya.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih mudah mengenai seperti apa target konsumen yang akan dibidik. Sehingga, peluang terjadinya penjualan produk akan semakin besar.

BACA JUGA:Harga Emas Hari Ini Anjlok Rp 11 Ribu, Buruan Beli Sebelum Naik Lagi

5. Brand Positioning

Langkah yang tak kalah penting untuk mengenali target market bisnis adalah dengan mengatur posisi brand atau brand positioning.

Posisi brand yang kuat bisa sangat memudahkan bisnis mengetahui target pasarnya. Terutama dari bagaimana masyarakat luas menilai dan mengenal produk tersebut dengan baik.

Apakah dari segi kualitas, kenyamanan atau harga yang ditawarkan oleh produk tersebut. Dengan mengatur brand positioning, ini akan memudahkan dalam mengetahui target market yang sesuai.

Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengkategorikan calon konsumen tertarget untuk bisnis tersebut. Brand positioning sendiri bukan hanya sekedar logo mewah atau tagline yang menarik saja.

Tetapi merupakan strategi yang membuat bisnis Anda punya posisi (nilai jual) berbeda dari para kompetitor.

 

Beberapa cara di atas bisa digunakan untuk mengetahui siapa saja yang cocok menjadi target market bisnis Anda.

Mulai dari membuat asumsi, mengidentifikasi kompetitor, hingga mengatur brand positioning dengan tepat.

Sumber: