Perhatikan 5 Poin Penting Ini Ketika Ingin Mulai Bisnis, Dijamin Anda Tak Akan Rugi

Perhatikan 5 Poin Penting Ini Ketika Ingin Mulai Bisnis, Dijamin Anda Tak Akan Rugi

Berikut merupakan poin-poin penting yang perlu untuk diprhatikan sebelum memulai bisnis agar tidak mengalami kerugian ketika sudah memulai bisnis--

2. Ancaman pendatang 

Dimana artinya ketika akan membuka suatu bisnis coba dilihat terlebih dahalu seberapa mudahnya para pemain baru untuk masuk dalam bisnis tersebut.

BACA JUGA:3 Kuliner dari Olahan Pisang, Bisa Jadi Ide Bisnis Untuk UMKM, Intip Pembuatannya di Sini

Misalkan sebuah usaha atau bisnis membutuhkan pengetahuan spesifik yang tinggi, dilaukan di lokasi tertentu, butuh modal yang besar, dan harus punya izin atau sertifikasi tentu agar dapat menjalankan bisnis tersebut.

Maka faktor-faktor ini akan membuat para pemain baru akan susah untuk memulai bisnis yang sama. 

Jika kalau pemain baru sangat gampang untuk memulai bisnis yang sama maka akan membuat usaha atau bisnis yang sedang dijalankan akan rentan dapat saingan terus menerus yang dapat merusak pasar dengan modal  yang lebih besar.

Oleh karena itu semakin susah pendatang baru untuk masuk ke bisnis yang akan dimulai maka akan semakin idela bisnis ini untuk dimulai.

Intinya seberapa gampang mereka untuk masuk dan seberapa rentan usaha yang akan dijalani mudah terpengaruh dengan kedatangan pesaing baru.

BACA JUGA:5 Ide Bisnis Kekinian, Cocok Buat Anak Sekolah, Modal Minim Bisa Dikerjakan dari Rumah

Jika memiliki suatu bisnis yang tidak gampang untuk dimasukan oleh pemain baru  berarti bisnis tersebut bisa lebih stabil dan tidak gampang diganggu oleh pemain baru.

3. Daya Tawar Supplier 

Supplier merupakan tempat dimana akan membeli  bahan baku atau produk baru. Dimana supplier ini bukan hanya menjual berupa barang fisik saja, tetapi juga bisa human capital dalam bisnis biasa. 

Contoh dati human capital ini ialah teknisi, koki  atau tenaga ahli tertentu dibidang jasa, dalam hal ini sebuah bisnis sebaiknya mengurangi ketergantungan terhadap satu entitas supplier. 

Jika sebuah bisnis yang sudah banyak peminat dan sudah sukses tetapi jalannya bisnis tersebut hanya bergantung kepada 1 atau 2 supplier saja akan sangat berbahaya.

Jika tiba-tiba  supplier tersebut tidak dapat untuk dihubungi, terkena masalah hukum, atau mengurangi kualitas dan menaikan harga maka akan berdampak buruk terhadap bisnis yang dijlaankan. 

Sumber: