Perhatikan 5 Poin Penting Ini Ketika Ingin Mulai Bisnis, Dijamin Anda Tak Akan Rugi

Perhatikan 5 Poin Penting Ini Ketika Ingin Mulai Bisnis, Dijamin Anda Tak Akan Rugi

Berikut merupakan poin-poin penting yang perlu untuk diprhatikan sebelum memulai bisnis agar tidak mengalami kerugian ketika sudah memulai bisnis--

Biasanya bisnis yang customer nya sedikit skemanya adalah be to be dimana mereka membeli produk dalam jumlah yang banyak dan sering melakukan negosiasi harga dan ditekan semurah murahnya.

Jika bisnis tersebut bergantung dengan beberapa customer saja dan mereka memiliki daya tawar tinggi secara terus-terusan akan membuat bisnis susah untuk berkembang.

5. Ancaman Barang Substitusi 

Barang subtitusi merupakan suatu produk yang sebenarnya bukan bagian dari bisnis yang sama, tetapi fungsinya sama dan jadi alternatif pilihan costumer.

BACA JUGA:Berikut Ini 6 Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Beromzet Besar

contohnya aplikasi belanja online merupakan subtitusi dari toko-toko fisik atau offline,  taksi online merupakan subtitusi dari public transport, aplikasi belajar online merupakan subtitusi dari bimbel atau tempat les, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu perlunya menganalisa apakah costumer sensitif terhadap kehadiran produk substitusi atau bisnis tersebut memiliki nilai keunikan tersendiri yang tidak gampang untuk disubtitusi.

Itulah poin-poin penting yang perlu dicatat sebelum memulai suatu usaha atau bisnis sebelum mengalami kerugian karena tidak memperhatikan beberapa hal yang penting untuk kelanjutan sebuah bisnis.

 

Sumber: