Perhatikan 5 Poin Penting Ini Ketika Ingin Mulai Bisnis, Dijamin Anda Tak Akan Rugi

Perhatikan 5 Poin Penting Ini Ketika Ingin Mulai Bisnis, Dijamin Anda Tak Akan Rugi

Berikut merupakan poin-poin penting yang perlu untuk diprhatikan sebelum memulai bisnis agar tidak mengalami kerugian ketika sudah memulai bisnis--

BACA JUGA:7 Ide Bisnis di Pedesaan, Modal Sedikit, Belum Banyak Saingan, dan Dijamin Cuan Besar

Jangan sampai ketergantungan terhadap supplier ini membuat pasokan barang atau jasa dari bisnis mandat dan berdampak krusial untuk operasional bisnis.

Pada poin ini para pembisnis sebaiknya memiliki pilihan alternatif supplier yang dapat dijadikan bisa cadangan jika supplier sebelumnya tidak bisa  memenuhi pasokan.

Jangan sampai supplier tersebut memiliki posisi yang terlalu kuat sehingga dapat mendikte  bahan baku atau memonopoli harga pasokan barang.

Idealnya dalam memulai suatu bisnis jangan sampai ada satu pihak yang terlalu powerful dan jangan sampai bergantung terhadap satu entitas supplier.

4. Daya Tawar Customer 

Hubungan penjual dengan pembeli akan saling tarik-menarik dan akhirnya bertemu dalam sebuah kesepakatan.

BACA JUGA:6 Ide Bisnis Kreatif Berbasis Digital, Modal Kecil Untung Hingga Jutaan

Dari sisi penjual tentunya ingin r produk atau jasa yang ditawarkan dibayar dengan harga setinggi-tingginya agar margin profitnya besar.

Sedangkan customer pasti ingin mendapatkan produk yang terbaik dengan harga yang sangat murah. 

Kemudian seberapa besar sih kemampuan daya tawar atau negosiasi dari customer yang dapat mempengaruhi harga jual produk kamu. 

Costumer disini seperti pembeli, seller, agen distributor atau penjual ritel yang biasanya membeli produk dalam jumlah banyak untuk dijual lagi ke konsumen akhir secara eceran.

Daya tawar dari customer sebenarnya bisa terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor misalnya ketersediaan alternatif lain buat customer untuk dapetin value yang sama atau mirip seperti yang ditawarkan.

BACA JUGA:Yuk Hasilkan Cuan dari Trend Beauty Bar, Bisa Jadi Ide Bisnis Baru Saat Ini

Kemudian faktor lainnya adalah bisnis tersebut terlalu bergantung dengan 2-3 costumer yang tetap dan akan membuat bisnis yang dijalankan dalam kondisi yang berbahaya. 

Sumber: