Ricky: BI Sumsel Komitmen Jaga Inflasi dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Ricky: BI Sumsel Komitmen Jaga Inflasi dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel), Ricky P Gozali (tengah), saat bincang dengan media massa di Ruang Serbaguna Lantai 4 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Jalan Jenderal Sudirman No. 510 Kota P-Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

BACA JUGA:BI Sumsel Catat Volume Transaksi QRIS Capai 7,3 Juta Kali hingga Mei 2023

Keputusan mempertahankan BI7DRR sebesar 5,75 persen ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3,0 plus minus 1 persen pada sisa tahun 2023. 

Selain tingkat suku bunga acuan, yang menjadi perhatian dari Bank Indonesia (BI) Sumsel juga soal inflasi global yang diperkirakan akan berpengaruh ke psikologis inflasi dalam negeri.

"Inflasi global sudah mulai turun, tapi di di emerging market masih di level tinggi, untuk itu suku bunga masih tetap di jaga dari para otoritas moneter (masing-masing negara emerging market, masih tetap hati-hati,"ungkap Ricky P Gozali.

Terkait inflasi, melansir dari data Sumsel.bps.go.id, pada Juli 2023 terjadi inflasi year on year (yoy) sebesar 2,38 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,73. 

BACA JUGA:BI Sumsel Sebut Keyakinan Konsumen dan Pelaku Usaha Meningkat

Inflasi yoy di Kota Palembang sebesar 2,38 persen dengan IHK sebesar 114,73 dan di Kota Lubuk Linggau sebesar 2,39 persen dengan IHK sebesar 114,74.

Sesuai dengan rilis inflasi Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Sumatera Selatan pada bulan Juli 2023 mengalami inflasi sebesar 0,29 persen (mtm).

Angka inflasi Sumsel di Juli 2023 melandai dari inflasi bulan sebelumnya, Juni 2023 sebesar 0,39 persen (mtm). 

Inflasi Sumsel pada Juli 2023 terutama bersumber dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,71persen (mtm). 

BACA JUGA:BI Sumsel Prediksi Kebutuhan Penukaran Uang Pecahan Kecil Tembus di Atas Rp 4 Triliun

Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan, realisasi inflasi gabungan 2 Kota IHK Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebesar 2,38 persen (yoy). 

Realisasi inflasi Sumatera Selatan atau Sumsel per Juli 2023 ini berada di bawah inflasi nasional yang tercatat sebesar 3,08 persen (yoy). 

"Terjaganya inflasi Sumatera Selatan pada rentang target 3 persen plus minus 1 persen (yoy) ini merupakan hasil sinergi  dan kolaborasi berbagai pihak dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan,"kata Ricky P Gozali.

Selain itu, BI Sumsel, menurut Ricky P Gozali, juga menjaga pertumbuhan ekonomi di Sumsel tetap terjaga baik.

Sumber: