Punya Modal Lumayan? Bisnis Laundry Koin Bisa Jadi Penghasilan Tambahan yang Menjanjikan

Punya Modal Lumayan? Bisnis Laundry Koin Bisa Jadi Penghasilan Tambahan yang Menjanjikan

Laundry koin--nova.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Usaha laundry atau jasa cuci pakaian selalu menjadi ide penghasilan tambahan yang menghasilkan.

Kebutuhan pasar akan jasa cuci baju terutama di kota-kota besar akan selalu ada.

Selain itu, kemajuan teknologi juga mendorong berkembangnya bisnis ini.

Bisnis laundry tak hanya soal pelayanan, tetapi sentuhan teknologi yang semakin bervariasi dan unik membuat persaingan Bisnis laundry makin inovatif.

BACA JUGA:Tertarik Jadi Agen Token Listrik? Pakai Aplikasi Ini Dapat Penghasilan Tambahan

Selain laundry kiloan, kini muncul laundry koin, yakni jasa cuci dan mengeringkan pakaian self-service yang dalam pengoperasian mesin cucinya, kita menukarkan uang menjadi koin.

Adalah Vyna Heprina Yuliana, seorang ibu muda yang mencoba menjalankan bisnis laundry koin, yakni Laundry House.
Vyna menceritakan awal dirinya mencoba bisnis laundry koin ini karena dari iseng semata.

Mulanya, ia yang sedang pulang kampung ke rumah mertua di Medan tertarik dengan laundry self-service yang baru buka dekat dengan rumah sang mertua.

Vyna memang sudah tahu mengenai laundry self-service, namun kala itu, harganya masih terlampau mahal untuk anak kuliahan.

BACA JUGA:Jangan Gengsi! Berikut Tips Wirausaha untuk Pemula yang Ingin Cari Penghasilan Tambahan

Tapi, laundry koin yang ia coba kini harganya sangat terjangkau sehingga membuatnya kepikiran untuk membuka laundry koin di dekat rumah tinggalnya di Bekasi.

"Awal mulanya, tahun 2018 aku lagi lebaran pulang kampung ke tempat mertua di Medan. Jadi selama lebaran kalau lagi nggak ada ART (libur pulang kampung), pasti aku jadi pelanggan laundry kiloan.

Karena suasana lebaran, ternyata laundry kiloan di Medan banyak yang tutup. Kalaupun ada yg buka, selesainya seminggu karena overload."

"Ketemulah Laundry buka yg baru opening di deket rumah mertua ku. Nah itu Laundry Self Service(dengan mesin Laundry Koin). Di tulis “1 Jam an Siap”. Pas banget sama kebutuhan aku."

BACA JUGA:5 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga, Lumayan Dapat Penghasilan Tambahan Buat Belanja

"Sebelumnya udah paham soal Laundry Self Service pas jaman kuliah. Di apartemen tempat temanku ngekos, ada buka laundry koin juga. Tapi, harganya cukup mahal buat anak kosan. Jadi, ga pilihan buat kita anak kuliah saat itu."

"Pas aku coba laundry koinnya, ternyata harganya sangat affordable. Rp10.000/Maks. 7kg pakaian untuk mesin cuci, Rp10.000 lagi untuk mesin pengeringnya dan Rp1.000 untuk detergentnya," cerita Vyna.

Menurut Vyna, ada banyak kelebihan dalam bisnis laundry koin ini. Di antaranya adalah jaminan pakaian tidak dicampur karena 1 customer 1 mesin, minim risiko hilang atau tertukar dan bebas menambahkan softener atau parfum pakaian lebih banyak.

Hal ini dikarenakan semua yang dilakukan dikerjakan sendiri oleh customer.

BACA JUGA: Penghasilan Tambahan dari Aplikasi Flip Hingga Rp150 Ribu per Hari, Ini Caranya

Walau begitu, ada tantangan dan kesulitan tersendiri dalam menjalankan bisnis laundry koinnya ini.

Salah satunya adalah banyak calon pelanggan yang belum mengetahui soal laundry koin adalah laundry self-service.

Masih banyak yang beranggapan jika laundry adalah jasa cuci yang terima beres. Di sinilah Vyna selalu mengedukasi para calon customer tentang laundry koin.

"Edukasi ke calon customer tentang laundry yang mengerjakan sendiri. Karena, pemahamannya selalu laundry itu terima beres," ucap Vyna.

BACA JUGA:Gampang, Cara Dapat Uang dari Aplikasi Neo+ untuk Penghasilan Tambahan

Bukan cuma itu, Vyna juga terus mengedukasi para customer untuk pemakaian mesin cuci yang memiliki kapasitas tertentu dan juga pemakaian detergen yang bisa membuat mesin cuci menjadi error.

"Customer kadang suka memaksakan cucian di atas kapasitas dalam 1 mesin. Jadi masih harus dikontrol untuk timbang berat pakaian sebelum masuk mesin cuci."

Pemahaman detergen banyak dan busa banyak, pasti bersih. Padahal itu salah besar. Mesin pernah eror kalau misalnya ada customer lolos kebanyakan busa dari detergen. Jadi tetap harus edukasi tentang detergen juga," jelas Vyna.

Vyna pun buka-bukaan soal modal yang ia keluarkan serta omzet yang ia dapatkan. Vyna menjelaskan bahwa ia mengeluarkan Rp750 jutaan untuk total 9 set mesin cuci bukaan depan.

BACA JUGA:Jadi Sumber Penghasilan Tambahan, Berikut 4 Ide Bisnis yang Bisa Dirintis Tahun Ini

Modal segitu diperuntukkan pembelian mesin cuci, instalasi mesin, dan juga untuk renovasi tempat usaha.

"Total modal pembelian mesin, instalasi mesin, renovasi tempat kurang lebih 750 juta, total 9 set mesin dari 2 ruko," ujar Vyna.

Lalu, berapa keuntungannya? Vyna meraup untung Rp50 jutaan per bulan.

Walau begitu, ada beberapa pengeluaran juga, yakni untuk sewa tempat usaha, listrik, air, gas, perlengkapan laundry, biaya pegawai, dan biaya perawatan mesin cuci.

BACA JUGA:Mau Buka Usaha Jahit Rumahan untuk Penghasilan Tambahan? Cek Dulu Tips dan Modalnya

Vyna juga mempunyai tips untuk kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis, terlebih usaha laundry seperti yang ia jalankan ini.

Menurutnya, selain modal untuk usaha, yang harus dipersiapkan lainnya adalah modal untuk "bertahan hidup", yakni untuk menutupi kerugian.

Sumber: