1 Juta Lowongan PPPK dan CPNS 2023 Dibuka September, Diutamakan Bagi Honorer

1 Juta Lowongan PPPK dan CPNS 2023 Dibuka September, Diutamakan Bagi Honorer

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan rencana pembukaan lowongan PPPK dan CPNS di September 2023.--

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juni 2023, Cek Informasinya di Sini

Mengenai komposisinya, terbesar masih mengakomodir para tenaga honorer untuk menjadi PPPK yakni 80 persen.

Sedangkan, sisanya 20 persen sisanya diberikan kesempatan untuk fresh graduate menjadi ASN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menyebutkan komposisi fresh graduate dalam pendaftaran ASN akan terus ditingkatkan.

"Ini untuk mengakomodir harapan publik terkait dengan fresh graduate untuk bisa ditampung di ASN, supaya tidak hanya menyelesaikan honorer,"kata Abdullah Azwar Anas.

BACA JUGA:Disdik Palembang Tahun 2023 Bakal Terima 1.800 PPPK Guru, Pantau Terus!

Namun saat ini, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) masih memprioritaskan untuk mengangkat tenaga honorer.

"Di sisi lain honorer kita prioritaskan karena mereka telah mengabdi kepada layanan publik di pemerintah pusat dan daerah," ujar Abdullah Azwar Anas.

Sebelumnya seleksi CPNS dikabarkan akan dibuka pada Juni 2023 namun perhitungan formasi kementerian/lembaga yang belum rampung membuat jadwal tersebut harus mundur.

"Ini kan kita ada hitungnya banyak ya, kita nunggu instansi-instansi pembina dengan BKN,"ungkap Abdullah Azwar Anas.

BACA JUGA:29.109 Peserta Lulus Calon PPPK Kemenag, Cek Nama Kamu di Link Berikut

"Ada di Diknas, ada juga di kementerian lain, kita hitung sehingga mana yang urgent dan menjadi prioritas," ujar Abdullah Azwar Anas.

Sumber: