PGN Raih Penghargaan Padmamitra Award 2022, Sukses Tingkatkan Daya Petani Karet Desa Pagar Dewa

PGN Raih Penghargaan Padmamitra Award 2022, Sukses Tingkatkan Daya Petani Karet Desa Pagar Dewa

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin dan diterima oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Harry Budi Sidharta.--dokumen radarpalembang.disway.id

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COMPT PGN Tbk berhasil meraih Penghargaan Padmamitra Award 2022 yang diselenggarakan oleh Forum Corporate Social & Responsibility (CSR) Indonesia. 

PGN sebagai Subholding Gas Pertamina sukses meningkatkan daya petani karet di Desa Pagar Dewa melalui proragm CSR-nya, yang menjadi profesi dominan masyarakat setempat.

Program prioritas CSR melalui program Desa Kaya ini berhasil membantu mengentas kemiskinan, salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PGN.

PGN meraih penghargaan atas Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Berkelanjutan Kategori Pengentasan Kemiskinan. 

BACA JUGA:PGN Subholding Gas Pertamina Perkuat Komitmen NZE 2060, Garap Proyek Biomethane Plant Development

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin dan diterima oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Harry Budi Sidharta, Rabu, 5 Juli 2023.

Program Desa Kaya oleh PGN di Desa Pagar Dewa berhasil mewujudkan bermacam inovasi berupa cara dan teknologi baru yang pertama kali dilakukan di wilayah perkebunan karet.

Hal ini juga hal pertama dan satu-satunya yang dilakukan oleh perusahaan kluster migas distribusi di Indonesia. 

Awalnya, PGN melakukan riset sosial terhadap masyarakat Pagar Dewa. Lahan perkebunan karet di Desa Pagar Dewa kurang lebih 4.500 hektar dari total keseluruhan 7.520 hektar wilayah Dewa Pagar Dewa.

BACA JUGA:PGN Subholding Gas Pertamina Hadirkan City Gas Tour, Perluas Sosialisasi Gas Bumi, Salah Satunya ke Palembang

Dengan demikian, 59 persen sumber daya alam Desa Pagar Dewa memiliki komoditas perkebunan karet. 

Berdasarkan data monografi, sebanyak 1.842 masyarakat berprofesi di bidang pertanian karet dari total keseluruhan masyarakat Desa Pagar Dewa sebanyak 2.003 orang. 

Meskipun demikian, adanya sumber daya alam berupa kebun karen yang luas dan sumber daya manusia yang berkecimpung dalam perkebunan karet, tidak membuat petani karet Desa Pagar Dewa berdaya.

Berbagai permasalahan dan kendala yang dialami oleh petani karet di Dewa Pagar Dewa sering menimbulkan permasalahan baru dalam jangka panjang. 

Sumber: