UPDATE! 56 Jemaah Haji Indonesia Wafat, 25 Orang Meninggal di Makkah

UPDATE! 56 Jemaah Haji Indonesia Wafat, 25 Orang Meninggal di Makkah

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin--kemenag.go.id

BACA JUGA:Cuaca Makkah Panas, Ini Imbauan untuk Jemaah Haji Indonesia

Baik yang datang untuk salat berjamaah di Masjidil Haram atau pulang dari Masjidil Haram setelah berjamaah.

Jemaah yang tiba di Makkah pada siang dan sore hari, bisa mengambil waktu umrah wajib pada malam hari.

“Jemaah yang menunggu dan akan melaksanakan umrah wajib di momen yang lebih lapang dan tidak padat di Masjidil Haram, harus tetap memperhatikan ketentuan dan larangan-larangan selama ihram,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 12 Juni 2023, pukul 24.00 WIB,  total kedatangan Jemaah Haji Indonesia  berjumlah 134.461 orang atau 349 kelompok terbang.

BACA JUGA:Ada Denda, Jemaah Haji Dilarang Merokok di Kawasan Masjid Nabawi

“Jumlah jemaah dan petugas yang diberangkatkan hari ini dari Madinah ke Mekkah sebanyak 7.428 orang atau 19 kloter.

Adapun total Jemaah Haji yang masih berada di Madinah sampai hari ini sebanyak 28.512 jemaah yang tergabung dalam 75 kloter,” katanya.

Ia menyampaikan, terdapat 1 jemaah haji yang meninggal dunia di Jeddah atas nama Suwarni Suraji Miseri asal kloter SUB 49. Hingga saat ini jumlah Jemaah Haji yang wafat di Jeddah hingga hari ini sebanyak 2 orang.

“1 jemaah haji wafat di Madinah atas nama Abdul Karim Jumri asal kloter BDJ 07. Hingga saat ini jumlah Jemaah Haji yang wafat di Madinah hingga hari ini sebanyak 27 orang,” terangnya.

BACA JUGA:Jangan Paksakan Diri! Berikut Ini Beberapa Kemudahan dalam Menjalani Ibadah Haji

Sementara di Makkah, jemaah wafat bertambah 7 orang atas nama:Ahmad Ibnu Sholah asal kloter SUB 18, Eman Rukiman Supardi asal kloter JKG 27,

Isop Aup Olib asal kloter JKS 06, Abdul Hakim asal kloter KNO 05, Suraji Syahdi Sarno Jari asal kloter SOC 09, Jumina Saprai asal kloter SUB 05, dan Setiyowati Darsosunarno Kartosutomo asal kloter BPN 01.

“Sampai dengan saat ini jumlah jemaah haji yang wafat di Makkah sebanyak 25 orang. Secara keseluruhan, jemaah yang wafat berjumlah 56 orang. Sesuai ketentuan, jemaah yang wafat akan dibadalhajikan,” imbuhnya.

 

Sumber: