Ini Empat Layanan Baru di Arafah & Mina untuk Kenyamanan Jemaah Haji Indonesia

Ini Empat Layanan Baru di Arafah & Mina untuk Kenyamanan Jemaah Haji Indonesia

Tahun ini ada empat inovasi layanan untuk kelancaran operasional haji 1444 H/2023 M--kemenag.go.id

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi jemaah haji Indonesia.

Peningkatan kualitas layanan dilakukan di beragam sektor, termasuk di Arafah dan Mina untuk kenyamanan jemaah haji Indonesia.

Wakil Ketua PPIH Arab Saudi 1444 H Nasrullah Jasam mengatakan, tahun ini ada empat inovasi layanan di Arafah dan Mina.

Pertama, penambahan toilet di Arafah. Menurutnya, rasio kamar mandi di Arafah lebih baik dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA:1.897 Jemaah Indonesia Tiba di Makkah, Bersiap untuk Rangkaian Ibadah Haji

"Selama ini, rasio toilet di Arafah adalah 1:150. Tahun ini kita upayakan penambahan toilet sehingga rasionya menjadi 1:50," terang Nasrullah Jasam saat malam Ta'aruf PPIH Daker Makkah di Jarwal, Selasa 30 Mei 2023.

"Kita masih memantau proses penyediaan yang dilakukan masyariq atau perusahan penyedia layanan," sambungnya.

Inovasi kedua, lanjut Nasrullah, lantai tenda jemaah haji Indonesia di Arafah dilapisi dengan pasir halus.

Hamparan pasir halus ini dipadatkan dengan alat berat. Setelah itu, akan digelar karpet dan busa.

BACA JUGA:355 JCH Kloter 7 Embarkasi Palembang Diterbangkan Sabtu Pagi, Cek Jadwal Kloter Selanjutnya

"Dipadu dengan AC, lantai beralas pasir halus diharapkan menjadikan suhu menjadi lebih dingin," sebut Nasrullah.

Inovasi ketiga, instalasi listrik yang tidak lagi mengandalkan generator. Sebelumnya listrik Arafah menggunakan generator. Sehingga dayanya kurang stabil.

"Tahun ini sudah sepenuhnya instalasi sehingga daya listrik lebih tinggi. Ini diharapkan menjadikan AC lebih dingin," sebut Nasrullah.

"Support listrik untuk alat kesehatan juga lebih optimal," sambungnya.

Sumber: