Bappebti Janjikan Bursa Komoditas Sawit di Juni 2023, Manfaat Bagi Sumsel Apa?

Bappebti Janjikan Bursa Komoditas Sawit di Juni 2023, Manfaat Bagi Sumsel Apa?

Seorang pekerja kebun kelapa sawit sedang mengumpulkan tandan sawit. Rencananya Bappebti akan meresmikan bursa sawit di Juni yang akan jadi acuan harga ekspor.--antaranews

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) rencananya juga akan memperkenalkan bursa komoditas sawit (Crude Palm Oil/CPO).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko dalam konferensi pers di Gedung Bappebti, Jakarta Pusat, Jumat 19 Mei 2023.

Sebelum mengungkapkan rencana bursa komoditas sawit (Crude Palm Oil/CPO), Didid Noordiatmoko terlebih dahulu akan ada rencana membuka bursa berjangka untuk komoditi Kripto.

"Bursa komoditas sawit (Crude Palm Oil/CPO) bakal diluncurkan pada Juni 2023,"kata Didid Noordiatmoko.

BACA JUGA:Komoditi Kripto Bakal Resmi Meluncur di Bursa Berjangka, Catat Tanggal Mulainya dari Bappebti!

Hadirnya bursa komoditas sawit (Crude Palm Oil/CPO) ditargetkan akan menjadi acuan harga CPO untuk melakukan ekspor.

"Bursa CPO yang akan dibentuk dikhususkan untuk ekspor saja, jadi akan terbentuk harga acuan ekspor,"ungkap Didid Noordiatmoko.

Adapun dasar hukum pembentukan bursa sawit akan dituangkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Ekspor CPO.

"Kami harapkan kebijakan ini bisa selesai dan akan di-launching seperti janji perintah Pak Mendag (Zulkifli Hasan) ke saya tetap di bulan Juni,"ungkap Didid Noordiatmoko.

BACA JUGA:Harga Emas Hari Ini Meroket Tinggi hingga Rp 11 Ribu per Gram, Sebelum Beli, Cek Harganya di Sini!

Jenis CPO yang akan masuk bursa dengan kode HS 15.111.000, sementara untuk perdagangan dalam negeri tidak masuk ke dalam bursa.

Setelah bursa itu berjalan, Bursa Berjangka menargetkan harga acuan CPO Indonesia akan terbentuk akhir tahun ini. 

Dengan begitu, untuk harga acuan CPO ekspor tidak lagi mengikuti harga bursa utama MDEX di Malaysia dan Rotterdam di Belanda.

"Setelah itu go launching perdagangan ekspor CPO masuk bursa, harapannya akan terbentuk price discovery terbentuk mudah-mudahan akhir tahun price reference kita bisa tetapkan," ujar dia.

Sumber: