Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Besok Mulai Difungsikan, Tarif Gratis, Catat Tanggalnya

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Besok Mulai Difungsikan, Tarif Gratis, Catat Tanggalnya

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang mulai bisa dilalui besok, dengan tarif gratis--sumeks.co

INDRALAYA, RADARPALEMBANG.COM - Mulai besok, jalan Tol Indralaya-Prabumulih sudah bisa dilalui.

Karena statusnya masih fungsional, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih pun digratiskan bagi pengguna jalan.

Tarif gratis berlaku dari tanggal 15 April hingga 30 April 2023.

EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol PT Hutama Karya (Persero), Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, ruas Tol Indralaya-Prabumulih yang dioperasikan secara fungsional saat ini tidak dikenakan tarif atau gratis.

BACA JUGA:Waspadai Jalan Tol Palembang-Kayuagung Masih Banyak Tampal Sulam

"Namun, akses menuju ke ruas tersebut dari arah Palembang melalui ruas Palembang-Indralaya yang sudah beroperasi secara penuh dan telah bertarif," kata Dwi Aryono, Jumat 14 April 2023, dikutip dari sumeks.co

Adapun rincian tarif yang akan dikenakan kepada pengguna jalan, yakni Golongan I sebesar Rp20.500, Golongan II dan III sebesar Rp31.000 serta Golongan IV dan V sebesar Rp41.500.

"Sementara itu, jika pengguna jalan tol masuk dari arah Gerbang Tol Indralaya dan keluar melalui Gerbang Tol Prabumulih tidak dikenakan tarif atau gratis," jelasnya.

Untuk diketahui, pintu masuk Tol Indralaya-Prabumulih berada di Tol Palembang-Indralaya.

BACA JUGA:BI Buka Tukar Uang Kecil di Rest Area Tol, Palembang, Lampung dan Jawa

Setelah berada di Km 18 Tol Palembang-Indralaya, terdapat interchange atau simpang susun menuju Tol Indralaya-Prabumulih.

Sedangkan untuk gerbang Tol Prabumulih terletak di Desa Karangan, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) mengarah ke Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo mengatakan, karena masih bersifat fungsional, maka jam operasional Tol Indralaya-Prabumulih direncanakan buka mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB.

"Untuk rambu-rambu lalu lintas sudah ada, sedangkan untuk penerangan sementara sedang dipersiapkan mengingat jam operasional direncanakan dari pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB," jelasnya.

BACA JUGA:Perkembangan Penyelesaian Proyek Jalan Tol di Sumsel Terkendala Lahan, Pemilik Minta Ganti Rugi di Atas NJOP

Untuk fasilitas yang bisa dinikmati para pengguna jalan Tol Indralaya-Prabumulih selama fungsional, PT Hutama Karya (Persero) akan menyediakan Pujasera, masjid, dan toilet.

Sebagai persiapan terakhir, hari ini dijadwalkan Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir akan meninjau kesiapan Tol Indralaya-Prabumulih jelang dibuka pada esok hari.

Jalan tol Indralaya-Prabumulih memiliki panjang 64,5 km dan didesain untuk kecepatan maksimal 100 km/jam.

 

 

Sumber: