Siapa Saja yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadhan? Ini 9 Golonganya

Siapa Saja yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadhan? Ini 9 Golonganya

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi umat Islam selama satu bulan penuhnya.

Selama bulan Ramadhan seorang muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Bulan yang istimewa ini merupakan bulan suci yang diisi dengan berbagai ibadah di dalamnya. Dan segala ibadah akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda yang sesuai dengan janjinya Allah.

Ibadah dan segala kegiatan baik yang diharapkan dibalas dengan pahala tentunya memiliki konsekwensi anatara lain kita harus selalu menjaga diri dari hal-hal yang menggugurkan pahala tersebut.

BACA JUGA:Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Bulan Ramadan, Termasuk Pristiwa Penting di Indonesai

Seperti yang kita ketahui syarat Islam itu memberi berbagai kemudahan kepada umat muslim hingga mengerjakan amal ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Ketika kita melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, tentunya ada Sembilan golongan orang yang boleh tidak puasa tetapi wajib untuk mengantikanya di lain waktu.

Siapa Saja yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadan?  berikut penjelasanya! Dikutip dari Fiqih Praktis Buya Yahya.

1.Anak- Anak yang belum baliqh

BACA JUGA:10 Hikmah di Balik Ibadah Puasa Bagi yang Sungguh-sungguh Menjalankannya

Anak-anak masa baligh adalah salah satu fase pertumbuhan anak dalam Islam yang dikenal juga dengan masa pubertas.

Pada laki-laki ditandai dengan masa pubertas. Pada anak laki-laki ditandai dengan tumbuhnya rambut di bagian tertentu, seperti mimpi basah, tumbuh jakun, dan suara semakin berat.

Sedangkan pada anak perempuan ditandai dengan tumbuhnya rambut di bagian tubuh tertrntu, menstruasi dan tumbuhnya payudara.

2.Hilang Akal Sehat

Sumber: