Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Bulan Ramadan, Termasuk Pristiwa Penting di Indonesai

Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Bulan Ramadan, Termasuk Pristiwa Penting di Indonesai

Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Bulan Ramadan--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Terdapat sejumlah peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan. Peristiwa-peristiwa yang terjadi bisa dijadikan renungan ataupun pelajaran penting bagi umat Islam. 

Ramadan merupakan bulan yang suci dan sangat istimewa bagi umat Islam. Hal ini karena banyak sekali kemuliaan dan keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT. 

Imam Ahmad dalam hadisnya menyebutkan bahwa pada bulan Ramadan pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup. 

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

BACA JUGA:10 Hikmah di Balik Ibadah Puasa Bagi yang Sungguh-sungguh Menjalankannya

Artinya :"telah datang bulan Ramadan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR.Ahmad) 

Lalu apa saja peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan? Mari mari simak penjelasan di bawah ini!.

1. Nuzulul Qur'an

Malam Nuzulul Quran merupakan malam diturunkannya wahyu pertama kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dengan perantara malaikat jibril sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Alquran. 

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Tarawih Secepat Kilat? Ini Jawabannya

Periode pertama turunnya Alquran terjadi pada 17 Ramadan atau dikenal sebagai malam Nuzulul Quran.

Hal tersebut tertulis dalam hadis berikut: 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: "bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir di bulan itu maka berpuasalah." (QS. Al Baqarah: 185).  

Sumber: