Siapa Saja yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadhan? Ini 9 Golonganya

Siapa Saja yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadhan? Ini 9 Golonganya

Perempuan sedang hamil diperbolehkan tidak berpuasa dengan Kententuan tidak berpuasa bagi seorang perempuan yang sedang hamil adalah tergantung dengan dirinya.

Apabila ia mengkhawatirkan kondisi janinya yang menjadi berisko kesehatan untuk dirinya maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan wajib mengantikanya di lain waktu.

7. Ibu Yang Sedang Menyusui

Perempuan  yang sedang menyusui diperbolehkan tidak berbpuasa sama halnya dengan perempuan yang sedang mengadung tergantung pada dirinya apabila ia mengkhawatir akan adanya kondisi bayi yang masi di bawah umur dua tahun.

8.Perempuan Sedang Haid

Perempuan yang sedang haid ( Menstruasi) tidak di wajibkan untuk berpuasa karena haid adalah siklus bulanan , maka perempuan ada kalanya mengalami haid saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

sudah menjadi mayoritas ulama menyetujui bahwa perempuan yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk berpuasa, karena salah satu syarat sah nya puasa adalah bersih dan suci Perempuan sedang haid bisa mengantikanya dengan lain waktu.

9, Ibu Sedang Nifas 

Dimana masa nifas adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan kekuatan tubuh abis melahrikan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi seorang ibu dengan makanan yang sehat penting untuk mempercepat proses pemulihan.

Seorang perempuan nifas diwajibkan meninggalkan puasa Ramadhan dan dapat mengantikanya dengan lain waktu.

Sumber: