Siapa Saja yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadhan? Ini 9 Golonganya

Siapa Saja yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadhan? Ini 9 Golonganya

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Tarawih Secepat Kilat? Ini Jawabannya

Orang yang hilang akal sehat atau gila tidak wajib berpuasa. Pada halnya ini karena orang gila dinilai tidak memiliki akal yang normal sehingga tidak ada kewajiban apa-apa baginya, bahkan seandanya pun ia berbpuasa maka ibadahnya tidak sah.

3.Orang Sakit 

Sakit parah yang memberatkan dirinya untuk puasa yang berakibat semakin parah penyakitnya atau lambatnya untuk kesembuhan.

Orang sakit yang memiliki sakit berat, yang umumnya sudah direkomendasikan oleh Dokter untuk tidak berpuasa dan mengantikanya dengan fidyah.

BACA JUGA:Sepele, Hal Ini Bisa Buat Puasa Batal, Kamu Harus Tau

Dalam halnya tidak hanya terbatas kepada orang sakit saja tetapi  siapa saja yang sedang puasa tiba-tiba ia menemukan dirinya lemah dan tidak mampu untuk melanjutkan puasa dengan kondisinya yang membahayakan dirinya maka saai itu juga dia boleh untuk membatalkan puasanya.

4.Orang Tua Lanjut Usia 

Para orang tua yang lanjut usia terjadi pada usia yang berbeda-beda . Adapun lansia yang tetap kuat meski dirinya sudah memasuki usianya 60 tahun.

Ada juga  lansia yang sudah cukup lemah meski usia cukup menginjak 50 tahun. Tetapi asalkan benar-benar puasa memberatkan dan sampai membahyakan diri sendiri maka ia boleh membatlkanya.

BACA JUGA:5 Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadan, Umat Islam Wajib Tahu

5.Orang Yang Sedang Berpergian

Semua orang yang sedang dalam berpergian atau disebut dengan musafir ia boleh masuk dalam golongan yang diperbolehkan untuk meninggalkan puasa.

Adapun ketentuanya seperti  musafir yaitu tempat yang dituju dari tempat tinggalnya tidak boleh kurang dari 84 kilometer dan keluar wilayah tempat tinggal saat waktu subuh.

6. Perempuan Sedang Hamil

Sumber: