Di Depan Irjen Kementan RI, Askolani: Banyuasin Penghasil Gabah Nomor 4 Nasional

Di Depan Irjen Kementan RI, Askolani: Banyuasin Penghasil Gabah Nomor 4 Nasional

Bupati Banyuasin, H Askolani, SH MH (kemeja hijau) mendampingi Irjen Kementan atau Kementerian Pertanian RI, Jan Samuel Maringka, saat berkunjung ke Banyuasin, Sabtu 18 Maret 2023.--Doc radarpalembang.disway.id

BANYUASIN, RADARPALEMBANG.COM - Bupati Banyuasin, H Askolani, SH MH mengungkapkan kabupaten yang dipimpinnya merupakan peringkat 4 nasional penghasil gabah.

Kinerja ini diungkapkan Bupati Banyuasin, H Askolani, SH MH saat mendampingi kunjungan kerja Irjen Kementan atau Kementerian Pertanian RI, Jan Samuel Maringka, Sabtu 18 Maret 2023.

Kunjungan kerja Irjen Kementan atau Kementerian Pertanian RI, Jan Samuel Maringka dalam rangka menginisiasi program Jaga Pangan.

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH mengatakan Kabupaten Banyuasin merupakan penghasil gabah nomor 4 tingkat nasional, ini di dukung dengan lahan pertanian di Banyuasin sangat luas dan subur.

BACA JUGA:Irjen Kementan RI Tinjau Jaga Pangan di Banyuasin

"Kabupaten Banyuasin sebagai penyumbang surplus padi ketiga secara nasional karena cara kerja petani Banyuasin sangat ulet dan berfokus pada ekstensifikasi dan intensifikasi,"kata Askolani.

Sebagai kabupaten yang surplus padi, Banyuasin telah memasok kebutuhan untuk provinsi Sumatera Selatan dan provinsi tetangga di pulau Sumatera serta sekitarnya.

"Dan telah terbukti memberikan kontribusi terhadap produksi komoditas padi dan dapat memasok kebutuhan masyarakat Sumatera dan sekitarnya," ujar Askolani lagi.

Terkait kunjungan kerja Irjen Kementan atau Kementerian Pertanian RI, Jan Samuel Maringka, Sabtu 18 Maret 2023, Askolani mengapresiasi atas kunjungan Inspektur Jenderal yang dapat menjadikan penyemangat bagi kami (Pemkab Banyuasin) untuk dapat meningkatkan produksi gabah lebih baik lagi.

BACA JUGA:Perkebunan Berperan Strategis dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuasin

Saat ini pemerintah memiliki program Serasi yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai bentuk dukungan, namun Pemkab Banyuasin melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banyuasin mengakui progeam tersebut sangat membantu produksi.

"Dampak program Serasi sangat berdampak positif bagi pertanian di Kabupaten Banyuasin," ungkap Bambang, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi.

Acara dihadiri oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang,  Kajari Banyuasin, Kapolda Banyuasin, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin.

Sumber: