Irjen Kementan RI Tinjau Jaga Pangan di Banyuasin

Irjen Kementan RI Tinjau Jaga Pangan di Banyuasin

Irjen Kementan, Jan Samuel Maringka meninjau program Jaga Pangan, salah satunya di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumsel, Sabtu 18 Maret 2023.--Doc radarpalembang.disway.id

BANYUASIN, RADARPALEMBANG.COM - Kementerian Pertanian RI atau Kementan RI melalui Inspektorat Jenderal atau Irjen menginisiasi program Jaga Pangan, salah satunya di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumsel.

Jaga pangan inisiasi Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian RI atau Kementan RI berfokus pada program strategis, prioritas, dan super prioritas serta membangun sinergi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH).

Langkah Jaga Pangan Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian RI atau Irjen Kementan RI guna memperkuat kolaborasi jaga pangan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. 

Program Jaga Pangan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian RI atau Kementan RI di Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam memastikan ketersediaan pangan menjelang puasa dan lebaran mendatang dalam kondisi aman.

BACA JUGA:Perkebunan Berperan Strategis dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuasin

Irjen Kementan, Jan Samuel Maringka, Sabtu 18 Maret 2023 mengatakan pengawasan pangan wajib dilakukan untuk mengawal implementasi program Kementan RI khususnya dalam menjamin kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. 

"Pengawasan ini juga sekaligus upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan dan kedaulatan pangan Nasional,"kata Jan Samuel Maringka, saat Dialog Jaga Pangan bertempat di Pendopo Bupati Banyuasin.

Dalam kesempatan tersebut, Jan Maringka mengungkapkan ada beberapa hal yang selama ini menjadi acuan bersama dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui program Jaga Pangan Irjen Kementan RI di Banyuasin, Sumsel. 

Pertama, kata Jan Maringka, membangun kolaborasi dalam meningkatkan ketersediaan pangan dan kedua memudahkan akses dan keamanan pangan karena keberhasilan membangun pangan tidak bisa dikerjakan sendiri.

BACA JUGA:Panen Raya di Sungai Dua, Askolani Ajak Bangkitkan Pertanian di Banyuasin

Keterlibatan banyak pihak program Jaga Pangan dalam komoditas terkait harus dilakukan secara masif dan intensif sebagai bentuk sinergitas serta kolaborasi antara pemerintah pusat dalam hal ini Irjen Kementan RI, pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya. 

"Sektor pangan merupakan sektor penting untuk membangun bangsa dan negara agar lebih maju dan berkembang, sehingga diperlukan koordinasi dengan baik sehingga tujuan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran,"ujar Jan Maringka.

Dalam kunjungan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan atau Sumsel ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian atau Kementan RI berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran semua pihak akan pentingnya menjaga ketahanan pangan.

"(Beras) Komoditi yang sangat startegis dan punya potensi yang baik sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mewujudkan ketahanan pangan," kata Jan Maringka.

Sumber: