Potensi Cawapres Koalisi Perubahan, AHY Elektabilitas Tinggi Disukai Milenial, Pilih Khofifah Jalannya Terjal

Potensi Cawapres Koalisi Perubahan, AHY Elektabilitas Tinggi Disukai Milenial, Pilih Khofifah Jalannya Terjal

AHY bersama Surya Paloh. Direktur Eksekutif Poltracking menyebut AHY berpotensi besar jadi Cawapres karena punya elektabilitas tinggi dan disukai milenial --tweeter/@Nasdem

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM -  Keberadaan Koalisi perubahan  semakin solid setelah Partai Keadilan Sejahtera  (PKS)  resmi  secara organisatoris kepartaian mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres (Calon Presiden) untuk Pilpres 2024.  Siapa yang bakal menjadi cawapres Anies? 

Saat ini ada 2 figur yang berpotensi menjadi Cawapres di Koalisi Perubahan yaitu, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) dan Gubernur Jawa Timur Khoffifah Indar Parawansa.  

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda,  partai dalam koalisi perubahan akan menghitung  peta kekuatan dari Capres dalam meraup suara.  

BACA JUGA: PKS Deklarasi CapresTagar PKSMenangAniesPresiden Viral dan Trending, MMS VIII PKS:Anies Simbol Perubahan

Mereka akan memperhitungkan wilayah yang memiliki jumlah mata pilih besar dan menentukan pemenang dari kontestasi pilpres 2024. Tidak kalah pentingnya adalah,  koalisi perubahan tidak bubar gara-gara penentuan Cawapres. 

Hasil survei Poltracking ada 4 nama yang muncul dan memiliki elektabilitas yang mumpuni. Mereka adalah: AHY, Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

 ‘’Dalam memilih Cawapres  salah satu pertimbangannya adalah kontribusi  suara terjadap Capres.  Cawapres harus mampu menutupi kelemahan Capres meraih suara  untuk wilayah tertentu,’’ujar Hanta Yuda dalam dialog  di TV Ove. 

BACA JUGA:Surya Paloh Bersilaturahmi ke Demokrat, AHY: Kami Ingin Kapal Koalisi Ini Berlayar dan Menang

Menurutnya, semua Capres pasti akan menghitung suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Begitu juga potensi suara dari kultur, misalnya pemilih NU yang basisnya besar di Jawa Timur. 

‘’Figur-figur dari Jateng, Jatim serta pemilih NU kultural saat ini sudah mulai muncul ke publik. Seperti Gubernur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa sebagai Cawapres Koalisi Perubahan mendampingi Anies Baswedan,’’ujarnya. 

Hanta Yuda membeberkan hasil Survei Poltracking tentang Cawapres potensial.   

BACA JUGA:Muchendi Mahzareki: DPD Demokrat Sumsel Beri Syarat Jika Kader Ingin Maju Pilkada 2024

Perbandingan Elektabilitas  Cawapres di 5 Provinsi di Jawa 

I.Provinsi DKI Jakarta 

Sumber: