Waw, Biaya Perpisahan SMP Negeri 1 Palembang Rp 800 Ribu, Ketua Komite: Itu Subsidi Silang

Waw, Biaya Perpisahan SMP Negeri 1 Palembang Rp 800 Ribu, Ketua Komite: Itu Subsidi Silang

Biaya Perpisahan SMP Negeri 1 Palembang Rp 800 Ribu--Tangkap Layar Instagram/@smpn1plg

BACA JUGA:Sambut Imlek, TK Manggala School Gelar Lomba Mewarnai Anak Kolaborasi dengan Orangtua

“Bermula dari anak SMP N 1 Palembang khususnya kelas IX itu mengusulkan kepada kepala sekolah untuk mengadakan perpisahan, dan kepala sekolah meminta pendapat ke ketua komite boleh atau tidak ya saya mengizinkan asal sepanjang tidak menyalahi aturan,” jelas Ruslan.

Ditambahkan oleh Ruslan, jika rencana perpisahan tersebut juga telah mendapat izin dari pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang.

“Jadi kami meminta izin dulu ke Dinas Pendidikan Kota, mereka mengizinkan juga asalkan acaranya tidak akan menimbulkan masalah atau kondusif.

Ya saya pikir ini tidak bisa sembarangan, Kadisdik juga mengatakan silahkan asal tidak memberatkan bagi siswa yang kurang mampu,” terangnya.

BACA JUGA:Ini Alasan Pelajar Islam Indonesia Bangga kepada Gubernur Sumsel Herman Deru

Menurut Ruslan setelah mendapatkan izin dari Diknas Palembang, dirinya telah mengadakan rapat kembali untuk membicarakan soal uang yang akan diminta kepada siswa sekaligus mengingatkan kepada panitia agar uang perpisaha tersebut tidak membebankan siswa yang kurang mampu.

“Jadi saya ajak rapat panitia, di sana saya bilang bahwa untuk anak-anak yang orang tuanya tidak mampu saya minta jangan sampai dibebankan. Lalu kesepakatannya ok antar panitia, jadi kami panggil orang tua siswa,” imbuhnya.

Dari hasil rapat diputuskanlah bahwa sumbangan perpisahan ditetapkan sebesar Rp500 ribu per siswa dan di tambah Rp 300 ribu lagi jika orang tua siswanya ikut dalam perpisahan.

“Tapi kalau orang tua yang ga ikut tetap bayarnya Rp 500 ribu saja, dan ini terkhusus bagi orang tua siswa yang mampu ya dan yang bersedia seperti di dalam surat pernyataan,” lanjutnya.

BACA JUGA:SMA Negeri 1 Palembang Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Penetapan angka sumbangan perpisahan siswa ini bersifat subsidi silang, yakni uang Rp 500 ribu tersebut sebagai bentuk menutupi siswa yang tidak sanggup membayar uang perpisahan.

“Mereka mendapatkan subsidi dari orang tua yang mampu, dan regulasinya sudah saya keluarkan surat berupa pernyataan dan pemberitahuan kepada orang tua siswa mengenai budget yang kami sampaikan", kata Ruslan.

Sebab menurut Ruslan dalam surat pernyataan dan pemeberitahuan yang disampaikan kepada orang tua siswa juga sudah dijelaskan jika itu dikhususkan bagi siswa yang orang tuanya mampu saja.

“Kalau dia tidak mampu ya tidak apa-apa, mereka tetap boleh ikut untuk meramaikan kok. Bukan berarti karena yang tidak mampu ini ga nyumbang lalu dilarang ikut, ga gitu lah karena kan ini hak mereka juga,” ungkapnya.

Sumber: palpos.disway.id