Waw, Biaya Perpisahan SMP Negeri 1 Palembang Rp 800 Ribu, Ketua Komite: Itu Subsidi Silang

Waw, Biaya Perpisahan SMP Negeri 1 Palembang Rp 800 Ribu, Ketua Komite: Itu Subsidi Silang

Biaya Perpisahan SMP Negeri 1 Palembang Rp 800 Ribu--Tangkap Layar Instagram/@smpn1plg

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Momen pelepasan atau perpisahan siswa menjadi momen yang sangat di tunggu bagi para siswa yang telah menyelesaikan pendidikanya disekolah.

Biasanya pada momen perpisahan siswa tersebut menjadi ajang bagi siswa dan guru untuk mengucapkan salam perpisahan.

Namun terkadang biaya perpisahan siswa acapkali membebani para orang tua atau wali murid.

Hal ini karena ada beberapa sekolah yang dinilai menetapkan angka sumbangan perpisahan siswa yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Topik Kuliah Merdeka 2.0, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Tahu Pentingnya Pengurangan Emisi Karbon

Salah satu sekolah yang dianggap menetapkan angka sumbangan perpisahan siswa terlalu tinggi adalah SMP Negeri 1 Kota Palembang.

Kabarnya orang tua siswa di SMP Negeri 1 Kota Palembang diminta untuk membayar uang perpisahan sebesar Rp 500 ribu per siswa dan Rp300 ribu untuk wali murid, jadi total sumbangan senilai Rp800 ribu.

Dikutip dari palpos.disway.id, pihak sekolah yang diwakilkan oleh Humas SMP N 1 Palembang, Yuli mengatakan, jika semua urusan yang berhubungan dengan uang sumbangan itu langsung ke komite.

"Kalau uang perpisahan bukan ke kita, tapi ke pihak komite langsung. Karena kan kalau ada urusan seperti itu pasti sesuai kesepakatan orang tua wali," ujar Yuli, Senin 30 Januari 2023.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Edukasi Pengurangan Emisi Karbon ke Mahasiswa di Kuliah Merdeka 2.0

Menurut Yuli, tidak ada campur tangan pihak sekolah ataupun Kepala sekolah dan guru soal penetapan angka sumbangan perpisahan siswa pada SMP Negeri 1 Palembang.

"Kalau kami dari pihak guru ga ikut campur ya untuk urusan itu, karena kami hanya menerima kesepakatan dari mereka saja. Kalau mereka sepakat ya kami ikut saja," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Komite SMP Negeri 1 Palembang, Ruslan Ismail, membenarkan bila memang ada pungutan uang sebesar Rp 500 ribu untuk perpisahan siswa.

Mengenai hal tersebut menurut Ruslan sudah diputuskan dan disepakati oleh orang tua dan siswa yang ingin mengadakan perpisahan diluar sekolah.

Sumber: palpos.disway.id