Gempa 6,5 SR Guncang Kaur Bengkulu, Getarannya Terasa di OKU, Lahat dan Mura

Gempa 6,5 SR Guncang Kaur Bengkulu, Getarannya Terasa di OKU, Lahat  dan Mura

Peta gempa Kaur Bengkulu- sumber BMKG--

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG –  Gempa dengan magnitudo 6,5 SR guncang Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu Selasa 23 Agustus 2022 pukul 21.31.39, getarannya terasa di sejumlah kabupaten di Sumsel seperti OKU, Lubuklinggau  dan sekitarnya.

Mengutip daro laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG gempa di Kaur, Bengkulu  itu tidak berpotensi Tsunami. Namun masyarakat tetap harus waspada terhadap gempa susulan.

Koordinat gempa Kaur berada pada 5.22 Lintang Selatan dan 102.95 Bujur Timur.  Posisi itu berada pada 64 kilometer Barat Daya Kaur Bengkulu dengan kedalaman 12 kilometer.

BACA JUGA:Sri Mulyani Pegang Bola Panas Naik atau Tidaknya Harga BBM Subsidi

Hingga berita ini diturunkan belum ada ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa yang skalanya cukup besar itu.

Beberapa Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang merasakan Getaran Gempa Kaur itu terasa di sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu.  Beberapa diantaranya, Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Seluma.

Selain itu di dalam Provinsi Bengkulu, getaran Gempa juga terasa di sejumlah kabupaten/kota  di Sumsel, seperti  Lubuklinggau dan sekitar serta Kaupaten OKU dan sekitarnya.

Sejumlah warganet juga merespon gempa itu dengan menyebarkan informasi yang dirilis BMKG ke media social.

BACA JUGA:Saat Sidak SPBU, Pertamina Bicara Over Konsumi BBM Subsidi di Palembang, Pertalite 24 dan Solar 32 Persen

Warga di perumahan Granville Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur berhamburan keluar rumah sesaat gempa terjadi. Warga merasakan getaran gempa cukup terasa kuat. Ada warga mendengar atap rumah mereka seperti akan runtuh.

Suherman salah seorang warga menuturkan gempa terasa dua kali. Menurutnya, gempa pertama terasa tidak begitu kuat, berselang sekitar 10 detik. Selanjutnya ada gempa susulan terjadi dan cukup kuat sehingga membuat warga berhamburan ke luar rumah.

"Pertama tadi memang sudah terasa dan atap rumah terasa mau runtuh. Setelah itu yang kedua tambah kuat bahkan serasa diatas kapal laut," ujar Suherman.

Gempa dirasakan warga cukup lama, mencapai 2-5 detik. Warga juga ketakutan akan ada gempa susulan sehingga banyak warga Baturaja yang bertahan diluar rumah untuk memastikan tidak ada lagi gempa susulan.

BACA JUGA:Syarat Perjalanan Wajib Vaksin Booster Bikin Penumpang Pesawat Turun 20 Persen

"Meskipun lokasi gempa lumayan jauh tapi perlu waspada saja. Kalau saja ada gempa susulan yang lebih kuat. Jadi kami diluar rumah dulu untuk sementara," Pungkas Herman.

Selain itu Gempa terasa hingga ke beberapa daerah di Sumsel seperti OKU Selatan, OKU Induk, Lubuklinggau, Pagaralam, dan Lahat. Pujianto warga Kota Palembang mengatakan dirinya juga merasakan guncangan gempa.

"Di Citra Grand City juga terasa, air di gelas goyang-goyang, saya kira kepala vertigo," ucapnya.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, dengan kedalaman sekitar 12 Km tersebut tidak berpotensi tsunami.“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG melalui akun Twitter resminya @infoBMKG.

Sementara itu, di beberapa warga Kota Palembang  juga merasakan getaran gempa Kaur Bengkung itu, kendati tidak begitu kentara.  (dnn)

 

Sumber: