Desa Karya Mulya Nominasi Proklim Lestari, Wakili Kota Prabumulih

Desa Karya Mulya Nominasi Proklim Lestari, Wakili Kota Prabumulih

Suana Desa Karya Mulya Prabumulih, diusulkan kembali menjadi nominasi Proklim. (foto:ist)--

RADAR PALEMBANG - Desa Karya Mulya Kecamatan Rambang Kapak Tengah ( RKT) akan diajukan mengikuti program nominasi sebagai penerima penghargaan Poklim Lestari. Desa itu dinilai telah memenuhi persyaratan untuk menerima penghargaan  proklim lestari. 

Diantaranya telah menerima penghargaan proklim utama  selama dua tahun atau tiga tahun dengan bukti sertifikat proklim.

“Dan Desa karya Mulya sendiri sudah menerima Tropy Proklim Utama pada tahun 2015 lalu  dan sudah melakukan evaluasi kegiatan  Pembinaan, Pendampingan Kelembagaan masyarakat serta dukungan yang keberlanjutan," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Koryana.

BACA JUGA: Lahan Tol Indralaya-Prabumulih Berhasil Dieksekusi

Lanjutnya Desa Karya Mulia juga dinilai layak jadi Proklim Lestari karena telah melakukan pembinaan dan pendampingan minimal 10 lokasi proklim baru dan telah terdaftar sebagai kampung iklim di sistem registrasi nasional. “Desa ini juga telah mendapatkan penghargaan tingkat provinsi terkait aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,”katanya.

Bahkan telah terbukti sudah  menyusun sistem dokumen pengayaan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim selama periode lima tahun.

“Setelah proses pemeriksaan administrasi, maka Desa Karya Mulya dinobatkan menjadi kandidat penerima penghargaan Poklim Lestari. yakni Satu-satu nya dari provinsi Sumsel,”bebernya. 

BACA JUGA:Akses Jalan Ligo Anak Petai Prabumulih Memprihatinkan, Beraspal Tanah Liat

Untuk diketahui Desa di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) Prabumulih ini, sudah dilakukan proses verifikasi oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang terdiri dari Tiga orang dari Dirjen Perubahan Iklim dan Tim Teknis Proklim, dua orang dari balai Pengendalia Perubahan Iklim dan Karhutlah Wilayah provinsi Sumatera.

Verifikasi sudah dilakukan tanggal 1 sampai 3 Agustus 2022 kemaren,  berupa pemeriksaan kelengkapan data, 10 desa binaan dan pemeriksaan lapangan apakah sesuai dengan data yg disajikan.

BACA JUGA:Sukarno: Program ADD di Prabumulih Selatan Sudah Terealisasi

“Verifikasi ini juga bertujuan untuk memastikan keberlanjutan desa proklim, karena jika nanti menerima penghargaan proklim lestari, maka kegiatan proklim di desa karya mulya harus terus berkembang dan berkelanjutan,”katanya.

Berdasarkan hasil verifikasi kemarin, pihak verifikator cukup puas setelah melihat kondisi dilapangan dan pertanyaan pertanyaan yang diajukan, mampu terjawab dengan kondisi yang ada artinya real di lapangan.

”Meski dengan beberapa kekurangan yang harus di perbaiki dan kita berharap Kota Prabumulih dapat meraih penghargaan Proklim Lestari,’’pungkasnya. (and)

 

Sumber: