ALERT! Salah Satu Kota di Sumsel Alami Peningkatan Kasus HIV/AIDS, Incar Populasi Ini

ALERT! Salah Satu Kota di Sumsel Alami Peningkatan Kasus HIV/AIDS, Incar Populasi Ini

Peningkatan kasus HIV/AIDS di Kota Prabumulih menjadi perhatian serius bersama untuk menjaga generasi muda bangsa.--

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COMAlert! Salah satu kota di SUMSEL mengalami peningkatan kasus HIV/AIDS, satu tahun terakhir.

Adalah Kota Prabumulih, yang menjadi salah satu kota di Sumsel yang menghadapi peningkatan signifikan dalam kasus HIV/AIDS. 

Data yang dihimpun dari tahun 2022 hingga September 2023 mengungkapkan bahwa jumlah penderita HIV/AIDS di kota ini terus meningkat, sehingga menjadi perhatian serius bagi semua pihak.

Pada 2022, tercatat 31 orang mengidap HIV/AIDS, atau Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dan angka ini menunjukkan adanya peningkatan kasus di bandingkan tahun sebelumnya.

 

BACA JUGA:Raih Penghargaan dari Kementerian LHK, Pj Walikota Prabumulih Ucapakan Hal Ini, Kepala Sekolah Wajib Dengar

Dari jumlah tersebut, sebanyak 58 persen merupakan individu gay atau homoseksual dari beragam kelompok umur terlibat dalam statistik ini, dengan 4 orang penderita berusia 20-24 tahun dan 14 orang berusia 25-49 tahun. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Prabumulih, dr Hesty Widyaningsih, mengatakan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi peningkatan kasus HIV/AIDS di kota ini. 

Hesty mengungkapkan, pihaknya saat ini fokus pada empat kelompok populasi kunci, yaitu wanita pekerja seks, waria, lelaki seks lelaki (LSL), dan pengguna narkoba suntik. 

Dikatakan, langkah-langkah yang diambil oleh Dinkes Prabumulih mencakup penyuluhan dan edukasi kepada populasi ini tentang bahaya HIV/AIDS, cara penularannya, dan langkah-langkah pencegahannya. 

 

BACA JUGA:Waspada, Ini Gejala HIV Pada Pria, Segera Cek ke Dokter Bila Mengalami

Pihaknya juga berupaya mendeteksi individu yang sudah memiliki pasangan tetapi terinfeksi HIV, dengan tujuan untuk memberikan perawatan dan dukungan secepat mungkin.

Tak hanya itu, dalam tahun ini, Prabumulih juga menjadi saksi beberapa pasien HIV yang meninggal dunia. Hal ini menjadi pengingat yang kuat akan perlunya upaya lebih serius dalam penanggulangan penyakit ini.

Sumber: