Gotong Royong Padamkan Api TPA, Nyaris Bakar Kebun Warga, Bantuan Silih Berganti Datang

Gotong Royong Padamkan Api TPA, Nyaris Bakar Kebun Warga, Bantuan Silih Berganti Datang

Petugas gabungan terlihat bahu membahu memadamkan api yang melahap TPA Sungai Medang Kota Prabumulih.-andi/radarpalembang.com-

PRABUMULIH, RADARPALEMBANG.COM – Kebakaran hebat yang terjadi di tempat pembuang akhir (TPA) Sungai Medang Kota Prabumulih, menyisakan kisah tentang arti pentingnya gotong royong.

Banyak pihak yang terjun langsung membantu memadamkan api yang menjalar hebat, hingga nyaris melahap kebun milik warga.

Tak terbayang kerugian yang terjadi, apabila api tidak cepat dipadamkan.

Aksi gotong royong diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Myduti melalui Kasi Yudha didampingi Kepala TPA Sungai Medang  M Noer dan Kepala PLDH  Maryadi, Senin 2 Oktober 2023.

BACA JUGA:Baca Syarat dan Ketentuan, Akulaku tidak Melakukan Ganti Rugi untuk Hal-hal ini, Jangan Sampai Lalai

Saat ini diakui, kondisi titik Api di TPA Sungai Medang sudah padam, tinggal menyisakan kepulan asap saja.

Tapi bukan berarti titik api tidak ada lagi, seperti pepatah api dalam sekam artinya api bisa saja muncul secara tiba-tiba, karena musim kemarau, ditambah cuaca panas.

“Api bisa padam secara total jika TPA diguyur hujan deras,” ujarnya.

Dikatakan, berkat usaha keras petugas Dinas BPBD Prabumulih, BPBD Provinsi, dibantu petugas Dinas Perkim, yang berkolaborasi dan berjibaku memadamkan api di TPA Sungai Medang, tepatnya di area terbakar di zona non aktif 1 dan zona aktif, akhirnya api bisa diatasi.

BACA JUGA:Gunakan Kendaraan Listrik, Bank Sampah Mobile Prabumulih Makin Produktif Ubah Sampah jadi Nilai Ekonomi

Sehingga api tidak sampai merambat ke kebun milik warga. Lahan TPA yang terbakar diperkirakan lebih kurang  2,5 hektare, bukan 8 hektare seperti yang diberitakan sebelumnya.

Pasca ketiga kalinya  TPA Sungai Medang, sudah 20 kali truk tangki bolak balik bawa air, untuk disemprotkan memadamkan api.

Diperkirakan sebanyak puluhan ribu liter air sudah disemprotkan  oleh petugas gabungan. “Saat ini petugas masih tetap berjaga di TPA, untuk antisipasi agar titik api tidak menyebar lagi. Atas nama Dinas Perkim, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas bantuan BPBD Prabumulih dan BPBD Provinsi  yang sudah bekerja keras memadamkan api,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sriyono, mengaku sudah terjunkan petugas dan tiga mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk melakukan penanggulangan dan pemadaman api, serta sudah 50 ribu liter air disemprotkan di lokasi TPA Sungai Medang yang terbakar.

Sumber: